Terpidana Korupsi Bahan Baku Steak Ikan Tenggiri Serahkan Uang Pengganti, Ini Jumlahnya

Lukman Hakim
Penyerahan uang pengganti ke Kejaksaan menambah jumlah pendapatan yang negara. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Terpidana kasus korupsi pembelian bahan baku ikan tengiri steak Sugiyanto menyerahkan uang pengganti sebesar Rp250 juta ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak. Pengembalian itu sebagai pelaksanaan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya yang telah berkekuatan hukum tetap.

Dimana salah satu amarnya menyebutkan, barang bukti uang sebesar Rp250 juta dirampas untuk negara dan diperhitungkan uang pengganti dikembalikan kepada PT Perikanan Indonesia (nama baru PT Perinus). Dalam perkara ini, dua terpidana sudah dijatuhi vonis yaitu Sugianto dihukum 2 tahun 6 bulan penjara dan Ahmad Rifan dihukum 2 tahun penjara. Sedangkan Momon masih dalam proses persidangan.
“Akibat perbuatan Sugiyanto dan Ahmad Rifan, negara dirugikan Rp567 juta,” ujarnya, Jemmy, Senin (23/10/23).

Terpisah, Direktur PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono menegaskan, aksi ketiganya dianggap merugikan pihaknya. Meski, dinilai tak berdampak pada bisnis milik negara itu maupun rekanannya.
Sementara hanya uang yang dirugikan. Untuk dampak ke klien lainnya tidak ada, dan ini menjadi pembelajaran kita, kedepannya kita terapkan SOP lebih baik lagi bagi kita,” tutupnya.

Kasus ini terjadi pada 23 Januari 2018, pada tahun itu terjadi perjanjian kerjasama antara PT Perikanan Nusantara (Persero) dengan Sugiyanto, selaku Direktur PT Ikan Laut Indonesia. Perjanjian ini dalam hal penjualan ikan tenggiri beku yang diproses menjadi produk hasil olahan tenggiri steak.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network