Lilik Hendarwati Terus Perjuangkan UMKM Surabaya, Sosialisasikan Izin Usaha hingga Akses Permodalan

Ali Masduki
Anggota DPRD Provinsi Jatim, Lilik Hendarwati disambut hangat pelaku UMKM ketika sosialisasi izin usaha di Kelurahan Kapas Madya Baru Surabaya, Senin (13/11/2023). Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lilik Hendarwati terus memperjuangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya agar naik kelas. Anggota DPRD Provinsi Jatim itupun menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) Kota Surabaya untuk melakukan sosialisasi khusus tentang bagaimana mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Agar usaha bisa berkembang, legalitas usaha bagi pelaku UMKM adalah hal penting," tegasnya usai menggelar sosialisasi di Kelurahan Kapas Madya Baru Surabaya, Senin (13/11/2023).  

Setiap hari, Lilik akan rutin menggelar sosialisasi izin usaha di 3 titik. Targetnya ada 45 titik di Surabaya. Lilik mengaku punya perhatian tersendiri untuk para pelaku UMKM, khususnya di Surabaya. UMKM, kata dia, merupakan pendongkrak perekonomian di Jawa Timur. 

"UMKM ini tulang punggungnya Jawa Timur. Hampir 60 persen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jatim ditopang oleh UMKM. Kita akan dukung penuh agar pelaku UMKM di Surabaya ini bisa terus mengembangkan usahanya, agar makin sejahtera," ujar alumnus ITS itu. 

Lilik bilang, dengan mempunyai izin usaha, maka pelaku UMKM akan mempunyai perlindungan hukum, dan bisa berkembang usahanya. 

"Jika sudah mempunyai izin usaha, kita bisa memungkinkan menambah modal usaha melalui progam KUR (Kredit Usaha Rakyat). Apalagi sekarang sudah ada KUR Syariah dari Bank Jatim Syariah. InsyaaAllah akan sangat membantu," tuturnya. 

Selain itu, berbagai program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang terkait dengan UMKM memungkinkan bisa diakses jika pelaku UMKM memiliki izin usaha. 

Sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim, Lilik pun menyatakan siap membantu dan mendampingi pelaku UMKM Surabaya supaya naik kelas. 

"Bagi saya anggota dewan itu bukan hanya simbol, tapi harus terus berupaya menguatkan masyarakat," ucapnya.

Lilik juga menjelaskan sosialisasi pengurusan izin usaha ini akan berlanjut dengan program-program penguatan dan pendampingan lain untuk UMKM, seperti pelatihan digital marketing, foto produk, dan berbagai pelatihan lainnya. 

Ia kemudian menyampaikan terima kasih kepada Sutono, Ketua RW 01 di Kelurahan Kapas Madya yang dinilai sangat proaktif menyambut dan menyiapkan kegiatan ini. 

"Saya berharap, program ini bisa meningkatkan perekonomian warga kami. Semua untuk kita, demi majunya bangsa. Mudah-mudahan aemua bisa naik kelas," harap Sutono. 

Mistina, salah satu peserta yang hadir juga datang dengan harapan yang sama, ingin usaha jual Nasi Bebeknya yang dikelola 12 tahun bisa terus berkembang. 

"Saya ikut ini agar usaha saya makin maju, bismillah," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network