KIP Foundation Dorong Kolaborasi dan Inovasi Desa Wisata

Lukman Hakim
KIP Foundation Dorong Kolaborasi dan Inovasi Desa Wisata. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kita Indonesia Penggerak (KIP) Foundation sebagai mitra Klinik BUM Desa kembali menggulirkan beberapa program penguatan dan pengembangan Desa Wisata berbasis BUMDesa. Program sebagai salah satu bentuk pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. 

Pada tahun 2024 ini, program penguatan dan pengembangan desa wisata di Provinsi Jatim mengangkat tema "Penguatan Ekonomi Kreatif dalam Mengembangkan Desa Wisata Berbasis BUMDesa yang berkelanjutan". 

Founder KIP Foundation, Dwi Ariady Kusuma,  menuturkan bahwa tema ini dipilih untuk menjawab tantangan masa depan desa wisata yang semakin dinamis. Sehingga dibutuhkan formulasi dan pendekatan kreatif serta inovatif agar desa wisata dapat berkelanjutan. 

"Seiring dengan arahan presiden Indonesia, Kemenparekraf, Kemendes dan Pemerintah Provinsi Jatim, bahwa pengembangan Desa Wisata kedepan harus mengutamakan kolaborasi dan inovasi,” katanya, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya, pendekatan ekonomi kreatif ini diambil sebagai tema utama, karena saat ini ekonomi kreatif menjadi pilar untuk mendongkrak ekonomi yang inklusif. “Kita juga dorong melalui digital promotion dan penguatan CBT (Community Based Tourism). Rangkaian program mitra Klinik BUM Desa ini sudah kita mulai dengan kegiatan Workshop Rembuk Nyekrup,” ugkap Ari.

Rangkaian program penguatan dan pengembangan Desa Wisata berbasis BUMDesa di Provinsi Jatim yang akan dilaksanakan hingga Juli 2024 diawali dari Kegiatan ‘Workshop Rembuk Nyekrup’ yang dilaksanakan pada 28 Februari 2024. Kegiatan ini diikuti 30 tim Mitra Klinik BUMDesa 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network