Khofifah Ajak Masyarakat Sambut Ramadan dengan Penuh Suka Cita

Ali Masduki
Ketua PBNU dan Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa. Foto/Dok iNews

Dalam sebuah Al Qur’an surat Al Hadid ayat 18 dikatakan bahwa  ‘Sesungguhnya orang orang yang bersedekah, baik laki laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakannya kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang mulia.’

Melalui bulan puasa, dikatakan penerima Honorary Award for Global Peace and Women Empowerment atau Perdamaian Gobal dan Pemberdayaan Perempuan dari Minhaj-Ul-Quran International ini, Allah SWT memberi kesempatan kaum muslimin untuk meningkatkan solidaritas sosial, memberikan bantuan kepada mereka yang lebih membutuhkan secara sukarela dilandasi oleh rasa kemanusiaan dengan tanpa pamrih dengan pahala yang berlipat ganda. 

Ramadan dengan demikian mestinya bisa menciptakan kultur gotong royong dan keceriaan dalam berbagi. 

Ramadan adalah tarbiyah untuk bersedekah, sekolahan yang efektif untuk menyapa mereka yang tidak berpunya.  

“Alhamdulillah, selama saya manjadi Menteri Sosial 2014-2017 dan menjadi Gubernur Jawa Timur 2019-2023, kami mendorong ekosistem jaminan sosial dan kultur giving, loving and caring yaitu kebiasaan memberi, mencintai dan kepedulian sosial. Kami gelorakan bersama stake holders dan struktur formal maupun bersama yayasan sosial masyarakat, tokoh masyarakat dan kalangan industri semangat berbagi,” jelasnya. 

Pengalaman Khofifah dalam mentransformasikan sistem bantuan sosial dan perlindungan sosial itu saya tuliskan dalam buku yang diterbitkan oleh Airlangga University Press tahun 2023 yang berjudul No One Left Behind: Upaya Indonesia Membangun Sistem Perlindungan Sosial Modern. 

“Bagi saya bulan Ramadhan sangat erat dengan visi dan misi serta amanat kami dalam memimpin Jawa Timur. Kami diamanati oleh pemerintah untuk menjadikan semua bulan laksana bulan Ramadhan sebagaimana Undang Undang No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah kami untuk menangani berbagai masalah sosial masyarakat berkembang cukup pelik. Bahkan masalah masalah tersebut secara kualitatif dan kuantitatif cenderung mendalam dan meluas spektrumnya di Provinsi besar untuk menopang kejayaan Indonesia,” paparnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network