Kampung Peneleh Layak Jadi Wisata Sejarah, Cek Lima Fakta Kehidupan Masa Lalu

Trisna Eka Adhitya
Masyarakat pun menginginkan Kampung Peneleh menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surabaya. 

SURABAYA, iNews.id - Kampung Peneleh telah resmi menjadi cagar budaya. Masyarakat pun menginginkan Kampung Peneleh menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surabaya. 

Hal itu didapat dari keinginan warga saat Sekretaris Komisi A DPRD Surabaya Budi Leksono melakukan reses di Kampung Peneleh. Sebagai cagar budaya, Kampung Peneleh memiliki sejarah yang panjang bagi Kota Surabaya khususnya dan bagi Indonesia pada umumnya. 

"Kawasan Peneleh ini bukan kampung biasa pak. Disinilah cikal bakalnya pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia. Bung Karno besar disini, Tjokroaminoto tinggal disini, nuansa sejarah kenegaraannya sangat kental. Jadi bukan hanya Tunjungan Romansa saja, Peneleh lebih kental jejak sejarahnya," ujar H Jupri, warga setempat.

Selain itu, kampung Peneleh juga dijuluki sebagai kampung tertua. Cirinya adalah masih banyaknya makam penduduk yang berada di tengah kampung. Karena, warga terdahulu lebih sering membuat makam keluarga disekitaran rumah.

"Meskipun sekarang sudah padat, beberapa jejak makam itu masih bisa kita jumpai. Dulu satu rumah itu bisa punya makam empat sampai lima disekitaran rumah," jelas Jupri.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Tomo, salah satu ketua RW disana, menurutnya usulan menyulap kampung Peneleh menjadi lokasi wisata seperti layaknya kawasan Tunjungan yang dibuat menjadi Tunjungan Romansa, itu juga akan mengangkat perekonomian warga setempat.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network