Dosen UWP Bantu Percepatan Produksi dengan Teknologi Oven, UMKM Souvenir Jombang Berjaya!

Arif Ardliyanto
Dosen UWP Bantu UMKM Souvenir Jombang untuk Percepatan Produksi dengan Teknologi Oven. Foto iNewsSurabaya/ist

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Upaya mendukung pengembangan ekonomi masyarakat dilakukan para akademisi dari Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang tak henti-hentinya berinovasi. Kali ini, tim dosen UWP turun langsung ke lapangan, membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor souvenir untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka dengan teknologi terkini.

Salah satu inovasi yang mencuri perhatian adalah penggunaan mesin oven dalam proses produksi. Mesin yang biasanya digunakan dalam industri makanan ini kini dimanfaatkan para pengusaha souvenir untuk mempercepat proses pengeringan bahan baku seperti kayu, resin, dan material alami lainnya.

Proses pengeringan yang biasanya memakan waktu berhari-hari di bawah sinar matahari, kini bisa dipercepat menjadi hanya beberapa jam dengan mesin oven. Tak hanya itu, penggunaan mesin ini juga menghilangkan ketergantungan pada cuaca, sehingga produksi dapat berjalan tanpa hambatan.

"Inovasi ini membuat UMKM jauh lebih efisien," ujar Dr. Nugroho Mardi Wibowo, S.E., M.Si., salah satu anggota tim dosen UWP bersama Yuyun Widiastuti, S.E., M.M., dan Navik Kholili, ST., M.Sc., mempelopori Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM). 

Program bertajuk PKM Peningkatan Kapasitas dan Branding Produk Kerajinan Berbahan Baku Kayu dan Resin Guna Mendukung Kebangkitan Pariwisata di Kabupaten Jombang ini telah memberikan dampak besar bagi UMKM lokal.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network