JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar workshop bertajuk "Navigating the Future of Social Media with AI Technology" pada 3-4 Januari 2025 di Padang, Sumatera Barat.
Workshop ini bertujuan meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam memanfaatkan teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung program Asta Cita Presiden.
Lebih dari 100 peserta dari berbagai BUMN antusias mengikuti acara yang diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini.
Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi. "AI memudahkan pekerjaan kita. Tahun ini kita akan banyak belajar teknologi agar semua BUMN dapat mempromosikan program pemerintah, khususnya Asta Cita," ujarnya.
Ia juga menambahkan pentingnya membangun narasi yang efektif dan efisien untuk mewujudkan harapan masyarakat akan pembangunan berkelanjutan.
"Kita harus menemukan sudut pandang yang tepat untuk membangun komunikasi yang meningkatkan ekonomi Indonesia," tambahnya.
Workshop ini merupakan kolaborasi Kementerian BUMN dengan beberapa BUMN, termasuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).
SIG, sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan, mengirimkan 7 karyawan untuk mengikuti workshop ini sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif Kementerian BUMN.
Vita Mahreyni, Corporate Secretary SIG, mengapresiasi inisiatif tersebut. "Teknologi AI sangat signifikan, terutama dalam komunikasi. AI dapat menyampaikan pesan positif perusahaan dan membantu optimalisasi pemasaran digital. Semoga workshop ini meningkatkan skill komunikasi karyawan BUMN di media sosial," kata Vita.
Workshop menghadirkan berbagai narasumber, seperti Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia yang membahas perubahan interaksi content creator dan brand dengan audiens berkat AI. Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella dari BRI Creator Hub juga berbagi pengalaman meningkatkan engagement dan manajemen SDM.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait