Menengok Keindahan Pulau Bawean yang Dikepung Terumbu Karang Alami

Arif Ardliyanto
Pulau Baweaan memiliki daya tarik yang masih tersembunyi dari pandangan orang banyak. Terumbu karang menjadi daya tarik tak tertandingi di Indonesia

Provinsi Jawa Timur memiliki pulau tersembunyi yang masih sangat natural dan alami. Pulau ini berada dibawah kekuasaan Kabupatan Gresik, berada ditengah laut keindahan pulau ini sulit untuk ditandingi.

Pulau ini bernama Bawean. Tak banyak orang yang tahu, apa sebenarnya isi pulau ini. Padahal, potensi pulau ini sangat besar, mulai sumberdaya alam, laut dan darat. Mengutip tulisan Abd Saddam Mujib, Kabid Pengembangan Sumber Daya Laut, Perkumpulan Peduli Konservasi Bawean menyebutkan, Pulau Bawean memiliki potensi sumberdaya alam yang cukup besar.

Sumberdaya alam tersebut mencakup sumberdaya laut dan daratan. Sumberdaya alam laut berupa kekayaan bahari seperti terumbu karang, lamun, mangrove, pantai, dan perikanan sedangkan sumberdaya alam daratan berupa pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Semua sumberdaya tersebut masih ‘tertidur’ karena potensinya belum dikelola secara maksimal. Penelitian Ramli, Muntasib, and Kartono (2012) menyebutkan, daya tarik terhadap kekeyaan bahari di Pulau Bawean masih sangat rendah dengan persentase 2% - 4%. Berbeda dengan daya tarik masyarakat terhadap kakayaan alam lainnya seperti danau, air terjun, dan penangkaran rusa yang persentasenya berkisar 10% - 30%.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network