Jadi Mata Kuliah di Eropa, Nadiem Sebut Bahasa Indonesia Layak Jadi Bahasa Resmi ASEAN

Arif Ardliyanto
Indonesia menegaskan bahas Indonesia yang paling cocok sebagai bahasa resmi ASEAN

JAKARTA, iNews.id - Persaingan antar negara untuk menobatkan bahasa kedua ASEAN semakin memanas. Setelah Malaysia ingin menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN, kini Indonesia menegaskan bahas Indonesia yang paling cocok sebagai bahasa ASEAN.

Penegasan ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang melakukan imbauan aksi bela negara kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua ASEAN.

Hal itu disampaikan dalam akun media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi @ditjen.diktiristek yang dikutip MNC Portal, Jumat,(15/04/2022). "Bahasa Indonesia lebih layak untuk dijadikan bahasa resmi ASEAN," kata Nadiem.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pun memberikan alasan mengapa bahasa Indonesia dapat dijadikan bahasa resmi ASEAN. Pertama, bahasa Indonesia menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara. Dimana persebaran bahasa Indonesia hingga ke mancanegara diantara 47 negara terdapat 428 lembaga di seluruh dunia yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA).

"Kedua, menjadi mata kuliah di sejumlah kampus kelas dunia (Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Asia)," ujar dia.

Diketahui, Nadiem sempat menolak usulan penggunaan bahasa Melayu menjadi bahasa resmi ASEAN. Usulan itu diinisiasi oleh Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob yang menginginkan agar bahasa Melayu menjadi bahasa kedua ASEAN.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network