Seribu Banser Ansor Bakal Kawal Mardani di Sidang Tipikor Banjarmasin, Tweet PWNU Jatim Kritik PBNU?

Ali Masduki
Postingan akun resmi PBNU di Instagram. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id – Pemanggilan paksa Bendum PBNU Mardani H Maming untuk hadir sebagai saksi persidangan dugaan suap Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu bara, di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, pada Senin (25/4/2022), tampaknya bakal dihadiri seribuan Banser Ansor Kalimantan Selatan.

Rencana kedatangan 1.000 Banser Ansor mendampingi Bendum PBNU Mardani H Maming yang mengusung tema aksi solidaritas kader itu telah diberitahukan ke Kapolda Kalsel pada Sabtu (23/4/2022), melalui surat bernomor 053/PW-XIV/SR-01/IV/2022 ditandatangani Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Kalsel  Teddy Suryana dan Sekretaris Erfan Maulana.

Rencana kehadiran Banser se-Kalsel dibenarkan Ketua LBH GP Ansor Kalsel Syaban Husin Mubarak.

“Kami dari LBH Ansor dan Banser se-Kalsel akan ikut mengawal jalannya persidangan untuk memastikan bahwa hukum berjalan sesuai relnya, kami meminta para penegak hukum bersifat profesional dalam pemeriksaan tersebut,” kata Syaban Husin Mubarak, Minggu (24/4/2022).

Rencana seribuan Banser Ansor mendampingi Bendum Mardani H Maming, menurut Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Bonyamin Saiman, tak ada masalah dan sah-sah saja, meski dia berharap tetap tertib sesuai aturan.

“Kalau mereka solidaritas kepada Maming ya monggo saja. Tapi, Maming itu sebatas diperiksa sebagai saksi, jadi tidak ada kriminalisasi dan lain sebagainya seperti yang dinarasikan pihak pendukung Maming. Karena apapun proess ini sebagai penegakkan hukum dan semestinya dari awal Maming datang ke pengadilan bukan terkesan menghindar bahkan ke luar negeri,” tandas Boyamin dalam keterangan resminya, Minggu (24/4/2022).

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network