get app
inews
Aa Read Next : PosIND Gelar Nobar di Posbloc Surabaya, Dukung Timnas U-23

Shin Tae-yong, Sosok Pelatih asal Korsel Pertama yang Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia

Rabu, 15 Juni 2022 | 12:55 WIB
header img
Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) ini dinobatkan sebagai sosok yang mampu mengangkat sepak bola Indonesia

Selanjutnya pada 2000, Nandar Iskandar yang mengantarkan skuad Garuda menembus putaran final. Ia membawa Timnas Indonesia finis sebagai juara Grup 7. Kala itu, Timnas Indonesia tergabung bersama Hong Kong dan Kamboja.

Setelah melakoni empat laga, Timnas Indonesia finis teratas dengan 10 angka, disusul Hong Kong dengan tujuh poin di posisi dua. Hanya juara grup yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2000.

Sayangnya di Piala Asia 2000, Timnas Indonesia menjadi bulan-bulanan. Tergabung di Grup B, Timnas Indonesia dihajar China 0-4, dikalahkan Korea Selatan 0-3 dan menahan Kuwait 0-0.

Selanjutnya, giliran Ivan Kolev yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2004. Pelatih asal Bulgaria itu mengantarkan Timnas Indonesia finis di posisi runner-up Grup C Kualifikasi Piala Asia 2004 di bawah Arab Saudi.

Di Piala Asia 2004, Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan meraih kemenangan perdana, tepatnya menang 2-1 atas Qatar. Sayangnya, Timnas Indonesia gagal lolos ke perempatfinal karena dalam dua laga selanjutnya kalah 0-5 dari China dan dibungkam Bahrain 1-3.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut