get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Sachet Unilever, Wings dan Indofood Menumpuk di Sungai Deli

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:49 WIB
header img
Aksi peduli Sungai Deli dengan membentangkan poster himbauan agar masyarakat tidak menganggap Sungai Deli Adalah tempat sampah. (Foto: Tim ESN for iNewsSurabaya)

Prigi menjelaskan ada 6 faktor penyebab timbulnya pohon plastik dan timbulan sampah liar dan menjadi penyebab kerusakan Sungai Deli.

Pertama, tidak hadirnya pemerintah Kota Medan Dan Pemprov Sumut dalam mengendalikan pencemaran limbah industri dan pengelolaan sampah sehingga penduduk membuang sampahnya kesungai.

Kedua, rendahnya layanan sampah di Kota Medan, secara umum kota-kota dan Kabupaten di Indonesia jangkauan layanan sampah tidak lebih dari 40% sehingga 60% penduduk masih membuang sampah ke sungai atau dibakar

Kemudian ketiga, tidak adalah regulasi pengurangan penggunaan plastik sekali pakai di Kota Medan dan Pemprov Sumut.

Selanjutnya ke empat akibat banyaknya pemukiman dan bangunan liar yang dibiarkan tumbuh di bantaran sungai Deli yang menyumbangkan sampah dan limbah cair.

"Kelima adalah tidak adanya kegiatan pengawasan rutin seperti patrol sungai. Dan terakhir tidak tersedianya infrastruktur pengolahan sampah yang memadai atau cukup di tiap desa dan kelurahan di tepi sungai Deli," paparnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut