get app
inews
Aa
Read Next : Jelang Pencoblosan, Kakak dan Adik Mahasiswa Ubaya Hadirkan Mozaik Gen Z Anti Golput

Dilengkapi Teknologi AR, Inilah Alat Pembelajaran Geografi 3in1 Karya Mahasiswa Ubaya

Rabu, 29 Juni 2022 | 17:36 WIB
header img
Verian Pramana Bastian, Ierenne Novendah, Trisdyanti Wulan Khosuma, Clara Christianti, dan Teofilus Agusto membuat inovasi alat pembelajaran Geografi 3in1. (Foto: Ali)


  
Penggunaan AR pada alat pembelajaran

Alat yang terintegrasi dengan Augmented Reality (AR) ini juga digunakan untuk mempelajari lapisan bumi pada bagian dalam box. 

Terdapat miniatur bumi yang tutup atasnya dapat dibuka sehingga memperlihatkan lapisan bumi. 

Di sampingnya ada stiker dimana ketika di-scan menggunakan kamera pada aplikasi CoXifera, akan muncul video informatif mengenai lapisan bumi. 

Clara menyebut bahwa penggunaan AR dibuat untuk mempermudah siswa mendapat penjelasan yang lebih mudah dipahami dengan cara yang berbeda dari biasanya

Pengerjaan dilakukan selama lebih dari satu bulan. Clara menjelaskan kesulitannya bersama tim dalam pembuatan Flo.Fa.Fer Box adalah membentuk pola bumi dan memotong kayu menggunakan mesin. 

“Setelah berulang kali berusaha membentuk pola sempurna dengan mesin, kami tidak menyangka bisa berhasil juga. Hasilnya sesuai ekspektasi, bahkan mendapat penghargaan Best Product dari dosen,” terangnya.

etua Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Ubaya, Dr. Indri Hapsari, S.T., M.T. berharap inovasi untuk membantu pendidikan siswa ini dapat dikembangkan dalam skala industri. 

“Saya harap inovasi ini menjadi pemicu semangat mahasiswa agar semakin kreatif dalam merancang produk yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut