Logo Network
Network

Dilengkapi Teknologi AR, Inilah Alat Pembelajaran Geografi 3in1 Karya Mahasiswa Ubaya

Ali Masduki
.
Rabu, 29 Juni 2022 | 17:36 WIB
Dilengkapi Teknologi AR, Inilah Alat Pembelajaran Geografi 3in1 Karya Mahasiswa Ubaya
Verian Pramana Bastian, Ierenne Novendah, Trisdyanti Wulan Khosuma, Clara Christianti, dan Teofilus Agusto membuat inovasi alat pembelajaran Geografi 3in1. (Foto: Ali)

SURABAYA, iNews.id – Lima mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya menciptakan inovasi alat pembelajaran Geografi 3in1 bernama Flo.Fa.Fer Box. 

Flo.Fa.Fer dibuat untuk membantu siswa SMP memahami materi Geografi tentang Atmosfer, Flora dan Fauna di Indonesia, serta Lapisan Bumi.

Lima mahasiswa semester 6 yang terdiri dari Clara Christianti, Ierenne Novendah, Verian Pramana Bastian, Teofilus Agusto, dan Trisdyanti Wulan Khosuma tergabung dalam tim bernama CoXifera.

Nama Flo.Fa.Fer Box sendiri merupakan singkatan dari mata pelajaran Geografi. 

Flo untuk Flora, Fa untuk Fauna, dan Fer untuk Atmosfer. Inovasi alat pembelajaran Geografi ini dibuat berdasarkan hasil survei pelajaran tersulit menurut siswa SMP dan SMA. 

“Di urutan pertama ada matematika dan yang kedua Geografi. Karena kami mau membuat sesuatu yang berbeda, kami ambil Geografi sebag

Mahasiswa lulusan SMAN 2 Samarinda ini mengatakan, ketiga mata pelajaran Geografi dijelaskan dalam box kayu berukuran 30cm x 23,2cm yang terbagi menjadi tiga bagian dengan cara penggunaan yang berbeda-beda. 

Sisi atas box digunakan untuk belajar atmosfer. Permainan dilakukan menggunakan kartu yang berisi pertanyaan. 
Siswa mengambil kartu lalu pertanyaan dijawab dengan menempelkan stiker pada bagian atmosfer. Cara ini digunakan untuk menambah interaksi antara guru dan murid.

Pada bagian dinding box terdapat peta Indonesia yang digunakan untuk mempelajari penyebaran flora dan fauna di Indonesia. 

Setelah siswa mengambil kartu dan menjawab pertanyaan, jawaban dapat dicek menggunakan aplikasi CoXifera. Aplikasi akan mengarahkan pada kamera yang dapat digunakan untuk scan peta Indonesia. 

Setelah di scan, akan muncul gambar serta nama hewan dan tumbuhan berdasarkan letak petanya.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini