Logo Network
Network

Jelang Idul Adha, 600 Hewan Ternak di Surabaya Dilakukan Vaksin

Arif Ardliyanto
.
Minggu, 03 Juli 2022 | 09:12 WIB
Jelang Idul Adha, 600 Hewan Ternak di Surabaya Dilakukan Vaksin
Pemerintah Kota Surabaya melakukan vaksinasi hewan ternak sebanyak 600 ekor sesuai jumlah vaksin yang diberikan Pemprov Jawa Timur (Foto : Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Perayaan Idul Adha tinggal hitungan hari. Masyarakat dibayangi keberadaan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terus menyebar di hewan. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera bergerak untuk mengantisipasi wabah tersebut dengan melakukan vaksinasi hewan ternak.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) daerah terus memantau perkembangan vaksin PMK agar segera cepat didistribusikan kepada peternak. “Ini untuk mengantisipasi perkembangan PMK yang semakin berbahaya dan dapat merugikan peternak,” kata Armuji Minggu (3/7/2022)

Armuji meminta supaya peternak membatasi kunjungan antar peternak dengan hewan yang dimiliki. Ini dilakukan supaya tidak ada penularan penyakit hewan tersebut. “Sementara ini jangan dulu ke sesama peternak biar tidak menularkan PMK dari hewan satu ke hewan lainnya,” kata dia.

Menurut dia, antarpeternak juga tidak mengetahui apakah hewan yang dimilikinya terkena virus PMK atau tidak. Apalagi, penularan PMK ini sangat cepat apabila atribut seperti sepatu, kaos, dan celana yang dipakai tidak dilengkapi alat pelindung diri (APD).

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.