get app
inews
Aa Read Next : Kompetisi Super Instaler Dahua Surabaya Meriah, Bandar CCTV Tebar Hadiah Menarik

Bandar CCTV Siapkan Installer Handal Era 5.0

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:01 WIB
header img
Peserta melihat dekat model CCTV ketika mengikuti pelatihan di SMKN 5 Surabaya, Selasa (19/7/2022). (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Bandar CCTV, sebuah perusahaan trader yang mengembangkan teknologi security system dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia bekerjasama dengan PT Dahua Indonesia, memberi pelatihan khusus kepada para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Surabaya. 

Para pelajar dikenalkan dan dilatih menjadi teknisi CCTV handal melalui program yang bernama “Bandar CCTV Peduli Bangsa – Inkubator Installer Indonesia Menuju 5.0". 

Selama 3-4 hari, mulai tanggal 18 Juli 2022 hingga 21 Juli 2022 para pelajar di didik agar lebih memahami lebih dalam mengenai CCTV hingga cara pemasangannya.

Business Development Bandar CCTV Irwanto Limarno mengatakan, pelatiha ini selain untuk mengiplemtasikan program CSR (Company Social Responsibility), juga untuk menciptakan instaler-installer handal Indonesia di era 5.0. 

"Program training dan inkubator ini merupakan bentuk kepedulian dari dunia industri ke dunia pendidikan. Kita membooster dengan praktek secara detail melalui acara ini untuk para siswa," terangnya.

Menurut Irwanto, kedepan CCTV menjadi bagian penting dari perkembangan teknologi. Apalagi saat ini CCTV sudah menjadi salah satu kebutuhan di semua sektor, baik rumah tangga, perkantoran, industri hingga jalan raya. 

"Sehingga kita perlu menyiapkan tenaga-tenaga handal di era 5.0," tuturnya.

Inkubator Installer Indonesia Menuju 5.0 ini sendiri dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama, peserta mengikuti training di sekolah. 

Kemudian peserta di seleksi untuk melanjutkan tahap berikutnya, yakni mengikuti camp di Bandar CCTV. 

"Setelah itu, jika sudah siap kita masukkan ke lembaga sertifikasi supaya hasil akhirnya mereka memiliki sertifikasi yang bisa menjadi pegangan bagi para siswa," ujarnya.

Selama mengikuti pelatihan, siswa SMK bukan hanya diajarkan menjadi teknisi handal saja, akan tetapi attitude juga menjadi satu materi yang dilatih.

Irwanto melanjutkan, siswa yang sudah dilatih tidak akan ditinggal begitu saja. Bandar CCTV akan menyiapkan fasilitas jika mereka ingin berwirausaha.

"Dan yang penting Bandar CCTV ini ada plaform digital yang bisa menampung semua instaler yang sudah dibina," ungkapnya.

Bahkan tidak menunutut kemungkinan, sebagian siswa akan ada yang diambil menjadi karyawan. "Karena kedepan ini, misi dari Bandar CCTV ada konsep kemitraan. Akan banyak buka secara nasional di seluruh Indonsia. Sehingga pada saat itu kita butuh tenaga-tenaga installer," paparnya.

Perluasan pasar ini, kata Irwanto, menyusul terus naiknya permintaan CCTV. Sejak 2018-2019 mengalami kenaikan hampir 19 persen. Bahkan pada saat pandemi meningkat menjadi 20 persen. Tahun depan diprediksi kenaikan bisa mencapai 22-25 persen. 

Sementara itu CEO dari Bandar CCTV, Henky Chandra menambahkan bahwa Bandar CCTV memiliki sejumlah dealer dan jasa pemasangan. Secara otomatis, dealer nantinya akan membutuhkan tenaga kerja untuk memasang CCTV yang siap pakai. 

"Jadi kita latih mereka sejak awal supaya siap. Terlebih kita juga akan membuat ekosistem baru, dimana teman-teman ini bisa menjadi pengusaha CCTV. Mereka juga bisa membantu tempat kerja kita," jelasnya.

Bandar CCTV selaku pelaksana kegiatan juga mengucapkan terima kasih kepada sekolah dan pihak sponsor dari PT Dahua indonesia selaku pihak principal yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.

Kegiatan serupa akan terus diadakan, di sekolah-sekolah kejuruan yang lain. Diharapkan, tenaga-tenaga muda yang mengikuti inkubasi lewat Bandar CCTV Peduli Bangsa, akan tertarik lebih dalam mengenai CCTV dan dapat menjadi tenaga ahli. Sehingga mampu bekerja secara mandiri, berdasarkan keahlian yang dimiliki. 

Bandar CCTV juga berharap, di masa yang akan datang, pelatihan serupa, bisa menjadi kurikulum di dalam pengajaran di SMK-SMK.


Salah satu peserta, Fery Setiawan mengaku pelatihan ini membuka wawasannya dalam industri. Selama mengikuti pelatihan, banyak pengetahuan yang selama ini tidak ia peroleh dari bangku sekolah. 

"Pelatihan ini seruu. Saya jadi tahu ilmu baru tentang CCTV dari jenisnya sampai cara memasangnya. Saya pengen bisa masang CCTV sendiri," pungkasnya.

 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut