get app
inews
Aa Read Next : Ikarholaz Bagi-bagi Takjil, 3.325 Paket Ludes dalam Sekejab

Lupa Usia, Begini Keseruan Rholaz Pitulsan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:11 WIB
header img
Lomba tarik tambang dalam acara Rholaz Pitulasan, di halaman SMPN 12 Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Tua dan muda mungkin hanyalah soal umur. Namun semangat tidak akan pernah menua. Apalagi jika mereka yang berumur tua bertemu teman sebayanya dalam momen-momen tertentu.

Seperti itulah keseruan Rholaz Pitulasan. Sebuah acara yang digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMPN 12 Surabaya atau IKA Rholaz dalam rangka merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Para alumni lintas angkatan yang sudah tidak lagi muda seolah lupa usia. Mereka menumpahkan semangat penuh heroik di halaman SMP Negeri favorit di kota Pahlawan ini.

Tidak pandang umur dan profesi, emak-emak dan bapak-bapak itupun bergoyang dan menyanyi bersama saat adik-adiknya yang masih pelajar menabuh alat musiknya. Mereka kompak berputar bersama maskot Rholas Mania mengelilingi halaman sekolah.

Tidak berhenti disitu, para alumni lintas generasi ini juga cukup antusias berlaga disetiap lomba yang digelar. Seperti tarik tambang misalnya. Meski terlihat ngos-ngosan, para alumni tidak mau kalah saat adu kuat menarik tambang.

Yang lebih menarik dan gokil, sejumlah emak-emak bahkan tampil mengenakan seragam SMP hingga kostum adat saat mengikuti lomba Tari Maumere. 

Selain itu, kekompakan IKA Rholaz ini juga terpaut dalam lomba balap karung, gobak sodor, hingga makan kerupuk.

Ketua Panitia Rholaz Pitulasan, Heri Hermawan mengatakan, acara ini bertujuan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77 serta menjalin silaturahmi. 

Lebih dari itu, momentum hari kemerdakaan ini juga dijadikan jembatan dalam merajut persaudaraan lintas alumi.

"Ini adalah proses menjadikan saudara dari semua angkatan. Yang sudah lulus dari SMPN 12 akan tergabung di IKA Rholaz," katanya.

Alumnus 1997 itu menjelaskan, pada momen Rholaz Pitulasan kali ini pihaknya sengaja menggeber beragam olahraga tradisional. Menurut dia, selain merawat warisan leluhur, permainan tradisional yang bermainnya melibatkan banyak personel ini bisa menambah keakraban.

"Jadi di permainan ini bukan soal menang atau kalah. Tapi keseruan dan kekompakan yang kita cari," ujarnya.

Heri bersyukut, Rholaz Pitulasan mendapat dukungan penuh dari semua alumni. Total ada sekitar 30 angkatan yang datang ke sekolah. Sedangkan yang lainnya banyak memberikan donasi demi kesuksesan Rholaz Pitulasan.

"Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari lintas alumni. Padahal persiapan acara hanya tiga minggu saja," ungkapnya.

Semua panitia, lanjutnya, meluangkan waktu dan tenaga secara sukarela agar acara berjalan sukses. 

"Kita ingin ke depannya semakin banyak teman-teman angkatan yang bergabung di sini," tuturnya.

Dalam acara tersebut, IKA Rholaz juga menggelar garage sale barang-barang preloved. 

Hasil penjualan didonasikan kepada security dan office boy di SMP 12 Surabaya. 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut