get app
inews
Aa Read Next : Mobil Nogogeni ITS Berjaya di Pameran Kendaraan Listrik Asia Tenggara, SIER Beri Dukungan

ITS Kembangkan Teknologi Bahan Bakar Roket, Ini yang Dilakukan

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 08:45 WIB
header img
ITS mengembangkan bahan bakar roket dengan didukung pemerintah. Kerja sama ini dilakukan selama 3 tahun untuk menyelesaikan riset yang dilakukan kampus ini. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Indonesia terus melakukan pembenahan di bidang teknologi. Untuk melakukan penguasaan teknologi secara mandiri, pemerintah menggandeng perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

ITS dipercaya oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meneliti dan mengembangkan propelan untuk bahan bakar roket, serta menggandeng salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Dahana.

Ketua tim peneliti ITS Dr Eng Hosta Ardhyananta ST MSc mengungkapkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program penelitian Rispro Invitasi LPDP tentang Extruded Double Base (EDB) Folding Fin Aerial Rocket (FFAR) 70. Adapun, penelitian berjudul Pengembangan Propelan EDB untuk Bahan Bakar FFAR ini didukung dan didanai oleh LPDP untuk melakukan riset dalam rentang waktu tiga tahun.

Dosen Teknik Material dan Metalurgi ITS ini menambahkan, tim penelitian propelan ini merupakan gabungan dari akademisi lintas departemen di ITS dan juga peneliti dari PT Dahana. PT Dahana sendiri merupakan perusahaan BUMN yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang produksi peralatan pendorong dan bahan bakar. “ITS dan PT Dahana akan bekerja sama guna sharing sumber daya dalam melakukan studi untuk memahami dan menguasai teknologi propelan roket,” terangnya, di Surabaya, Kamis(20/10/2022).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut