get app
inews
Aa Read Next : Cece Merli, Sosok Tegar Dibalik Kuatnya ME Social Media Management Bersaing di Dunia Digital

Digital Jadi Jalan Efektif Media Pembelajaran Modern

Selasa, 15 November 2022 | 18:45 WIB
header img
Zuni Eka Tiyas Rifayanti, M.Pd Mahasiswa S3 Dikdas Universitas Negeri Surabaya

Selama beberapa tahun terakhir, salah satu masalah yang dihadapi guru adalah kebosanan siswa di kelas (Daschmann et al., 2011). Hal ini dapat disebabkan oleh tugas belajar yang tidak bermakna atau berulang (Reid, 1986), aktivitas yang terlalu abstrak (Condry, 1978) dan tugas yang kurang atau terlalu menantang (Cullingford, 2002; Moneta dan Csikszentmihalyi, 1996). Akibatnya, peserta didik menjadi frustrasi, tidak nyaman kelas (Fallis dan Opotow 2003) dan bahkan putus sekolah (Dow, 2007).  

Kebiasaan penggunaan teknologi seluler untuk menghadirkan game seluler edukatif yang baru perlu dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran seluler yang interaktif, memotivasi, dan seluler dari subjek arsitektur komputer. Popularitas, keterjangkauan, dan penyebaran perangkat seluler yang cepat telah menciptakan cara belajar baru. Sehingga memunculkan penelitian salah satunya tentang pengembangan media game science soldier yang merupakan salah satu alternative media edukatif guna meningkatkan motivasi pebelajar di balik penggunaan game edukasi Science Soldier.

Hal ini di lakukan bertujuan Untuk memberikan pembelajaran yang memotivasi tentang subjek arsitektur komputer, perangkat seluler berbasis permainan pada platform untuk perangkat Android yang bernama Game Science Soldier

Menurut Kambourakis et al. (2004), mobile learning atau m-learning merupakan gabungan dari dua bidang yaitu electronic learning dan mobile computing. Attewell dan Savill-Smith (2005) mendefinisikan mobile learning sebagai penggunaan perangkat teknologi nirkabel yang dapat dibawa dalam saku pelajar untuk belajar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut