get app
inews
Aa Read Next : PKS Gelar Jagongan Budaya dengan Para Puluhan Seniman di Mojokerto

Parade Teater Jawa Timur 2022 Digelar, 6 Grup Teater Sajikan Karya Kontemporer

Jum'at, 18 November 2022 | 14:49 WIB
header img
Pertunjukan teater berjudul Talasmara. Pertunjukan ini menceritakan perkawinan beda suku, yaitu Jawa dan Sumatera. Foto/Dok Teater IB Creative

SURABAYA, iNews.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbupar Jatim) melalui UPT Taman Budaya menggelar Parade Teater Jawa Timur 2022 di Gedung Cak Durassim, Jalan Genteng Kali Surabaya. Parade Teater yang mengusung tema "Move Forward" atau “Bergerak ke Depan” ini digelar pada 18-19 November 2022.

Parade yang menampilkan 6 grup teater dari beberapa wilayah di Jawa Timur, serta satu penampilan monolog dari Ikasdrafi Yogyakarta sebagai bintang tamu tersebut guna mewadahi para seniman teater untuk menuangkan ide kreatif mereka di atas panggung megah. 

Mereka telah lolos proses seleksi oleh kurator secara ketat. Para kurator terdiri dari Deny Tri Arianti (STKW), Arif Hidayat (Unesa) dan Mahendra (Sumenep). Kemudian terpilih enam kelompok. Para kurator menilai, enam grup teater pilihan ini telah berhasil membangun paradigma seni tradisi (folklore), realis dan beberapa konsep dalam suguhan teater modern bahkan teater urban. 

Ada Teater IB Creative Art (Surabaya), Teater Komunitas (Kota Malang), Teater Bengkel Seni Manyar Jaya (Surabaya). Penampilan ketiganya berlangsung pada 18 November 2022.

Kemudian juga ada Teater Srawung Seni (Surabaya), Teater Nusa (Kabupaten Gresik) dan Teater Forum Aktor (Kabupaten Sumenep). Penampilan mereka dapat dilihat pada 19 November 2022.

Selain itu, pada hari dan tanggal yang sama mulai pukul 19.30 WIB ada penampilan spesial dari Jedinx Alexander (Ikasdrafi Yogyakarta). 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut