get app
inews
Aa Read Next : PKS Gelar Jagongan Budaya dengan Para Puluhan Seniman di Mojokerto

Parade Teater Jawa Timur 2022 Digelar, 6 Grup Teater Sajikan Karya Kontemporer

Jum'at, 18 November 2022 | 14:49 WIB
header img
Pertunjukan teater berjudul Talasmara. Pertunjukan ini menceritakan perkawinan beda suku, yaitu Jawa dan Sumatera. Foto/Dok Teater IB Creative

Parade teater modern kontemporer ini diharapkan dapat dinikmati oleh kalangan Seniman maupun masyarakat umum. 

"Teater banyak diminati oleh kawula muda. Beberapa kali kita mencoba teater tradisi seperti ludruk, ketoprak dan teater modern. Ternyata animo masyarakat lebih tinggi di bidang teater di kalangan anak muda," terang Kepala UPT Taman Budaya Jatim Samad Widodo, Jumat (18/11/2022). 

Menurut Samad, teater tradisi sangat sulit karena melibatkan berbagai instrumen musik dan keahlian khusus. Namun sayangnya, mahasiswa kurang mengenal keberadaan teater tradisi tersebut di lingkungan kampus. 

Oleh karena itu, ia berharap kehadiran Parade Teater Jatim 2022 dapat semakin mewarnai dunia teater secara umum. 

"Kami berharap dari para penyaji, ajang ini menjadi semangat untuk tampil di atas panggung Cak Durassim yang luar biasa," ucapnya.

Samad menuturkan, Taman Budaya terus mendorong eksistensi para seniman teater. Ia juga ingin seniman teater terus melakukan terobosan kreatif dan inovatif dalam setiap penciptaan karyanya. 

Pada penampilan kali ini, Taman Budaya juga menciptakan ruang alih media dan memberikan tawaran kepada para kreator untuk menggunakan sosial media sebagai salah satu media pementasan secara online (live streaming YouTube) di samping menghadirkan penonton secara offline. 

Diharapkan dari kegiatan ini akan terwujud kualitas keaktoran, tata busana, tata cahaya, setting artistik, naskah lakon, dan gaya penyutradaraan yang bisa ditawarkan untuk mewujudkan totalitas dalam segala aspek penciptaan melalui teater. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut