get app
inews
Aa Read Next : Hari Anak Nasional, PKS Jatim Perkuat Program Ketahanan Keluarga

Pemerintah Mulai Vaksinasi Anak Pada 24 Desember

Jum'at, 10 Desember 2021 | 21:01 WIB
header img
Pemerintah akan segera melakukan program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.(Foto : iNewsSurabaya/IDC Channel)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan segera melakukan program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Program vaksinasi ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)  Nomor 66 Tahun 2021. Dalam Inmendagri itu, rencananya program vaksinasi tersebut akan dimulai pada 24 Desember 2021.

"Memulai vaksinasi anak usia 6 tahun sampai dengan 11 tahun," bunyi kutipan Inmendagri 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 huruf c poin 2 dikutip Jumat (10/12/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah saat ini masih mempersiapkan ketersediaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

"Usia 6-11 tahun ini kita sedang mengupayakan vaksinnya, semoga Desember ini kita sudah mendapatkan kepastian khususnya vaksin Sinovac," katanya.

Nantinya anak usia 6-11 tahun akan menerima vaksin Sinovac yang saat ini telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Mungkin BPOM juga berencana untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk jenis vaksin lain sehingga tentunya akan memperbanyak pilihan ketersediaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun," kata dia

Vaksinasi akan dilakukan dengan ketentuan telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara pada poin sebelumnya dalam Inmendagri, daerah diminta untuk melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi di wilayah masing-masing.
Untuk dosis pertama mencapai target 70 persen dan dosis kedua mencapai target 48,57 persen dari total sasaran, terutama vaksinasi bagi lansia sampai akhir bulan Desember 2021.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut