get app
inews
Aa Read Next : Mobil Terbakar di KM 689 Tol Jombang Ploso Berhasil Dipadamkan

Tahun Baru, Tol Pandaan-Malang Naik Bersamaan Pertamax Turun, Ini Besarannya

Rabu, 04 Januari 2023 | 16:25 WIB
header img
Tahun baru 2023 dijadikan momentum untuk menaikan tarif tol jalur Pandaan-Malang. Kenaikan ini belum diketahui oleh banyak orang. Foto idxchannel

Plh. Anggota BPJT Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin mengatakan, penyesuaian tarif jalan tol ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Penyesuaian tarif jalan tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan laju inflasi. Jika laju inflasi positif, maka tarif tol akan disesuaikan mengikuti besaran inflasi.

"Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol menjadi hal yang wajib bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Jika SPM terpenuhi, maka penyesuaian tarif dapat dilakukan untuk menjaga iklim investasi di BUJT sekaligus untuk menjaga peningkatan pelayanan terhadap pengguna jalan tol,” ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (2/1/2023).

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Netty Renova menuturkan, komitmennya dalam meningkatkan pelayanan di seluruh aspek Jalan Tol Pandaan-Malang. Salah satunya dengan melakukan pemeliharaan rutin dan non rutin di wilayah jalan tol, baik perawatan tanaman, pembersihan saluran, pemeliharaan sarana pelengkap jalan, hingga perbaikan saluran drainase.

"Sedangkan pemeliharaan non rutin, seperti pelapisan perkerasan jalan dan pengecatan ulang marka jalan di ruas Jalan Tol Pandaan-Malang. Selain itu, kami juga melakukan treatment terhadap daerah rawan longsor guna menjaga keamanan bagi pengguna jalan tol,” ujar Netty.

Manajer SDM dan Umum PT Jasamarga Pandaan Malang, Iis Ismayadi mengungkapkan, kenaikan tarif terjauh dari Malang ke Pandaan sebesar Rp1.000 dari sebelumnya.

"Selisihnya kisaran Rp1.000 (untuk tol Pandaan-Malang golongan 1 dan 2), dan untuk selisih tertinggi kisaran 2.000 untuk golongan 4 dan 5," pungkas Ismayadi. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut