get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Voli Asia AVC U20 Putra 2024, Pertarungan Raksasa Voli Dunia di Surabaya, Ini Jadwalnya

Jumlah Intelijen di Indonesia Ada Tiga, Ini Lembaganya

Sabtu, 07 Januari 2023 | 10:17 WIB
header img
Jumlah intelijen di Indonesia ada tiga dengan masing-masing peran untuk menjaga keamanan negara. Foto Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Tak semua masyarakat memahami jumlah intelijen yang ada di Indonesia. Sebab, lembaga intelijen sangat diperlukan di sebuah negara, termasuk Indonesia, untuk proses pengamanan dan penyelidikan.

Indonesia memiliki beberapa lembaga intelijen berbeda, selain Badan Intelijen Negara (BIN), yang menjalankan tugasnya masing-masing.

 Berikut informasinya.

1. Badan Intelijen Pertahanan

Badan Intelijen Pertahanan dibentuk oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada 1 Agustus 1961, namun baru aktif beroperasi 2 bulan setelahnya.

Melansir laman resmi Kemhan, Badan Intelijen Pertahanan dibentuk guna mempertajam analisis strategis terhadap berbagai perkembangan, seperti regional, nasional, dan lingkungan global guna memprediksi serta mengidentifikasi ancaman.

Dengan begitu, strategi pertahanan yang komprehensif bisa tercipta. Lembaga ini akan melakukan kerja sama dengan semua badan intelijen di Indonesia. Badan Intelijen Pertahanan bertugas memberikan data guna penyusunan konsep dan strategi.

Masih menurut data yang ada di laman Kemhan, lembaga ini bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan potensi ancaman di ranah pertahanan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut