get app
inews
Aa Read Next : Drama Penangkapan Suami Cut Intan Nabila, Mulan Jameela Terlibat di Balik Layar, Begini Kisahnya

AJI Surabaya Mengecam Pengeroyokan Pada 5 Jurnalis Saat Meliput Penyegelan Tempat Hiburan Malam

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:52 WIB
header img
Sejumlah preman saat melakukan pengeroyokan terhadap Jurnalis Surabaya. Foto/Didik Antara

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya mengecam penganiayaan dan intimidasi terhadap 5 jurnalis di Surabaya oleh sekelompok orang, pada Jumat (20/1/2023).

Penganiayaan dan intimidasi tersebut terjadi saat para korban sedang meliput penyegelan tempat hiburan malam Ibiza Club, di kawasan Jl Simpang Dukuh, Kota Surabaya.

Ketua AJI Surabaya, Eben Haezer mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari korban, penganiayaan itu dilakukan oleh belasan orang.

Sedangkan lima jurnalis yang menajdi korban adalah Rofik dari LensaIndonesia, Firman dan Ali dari iNewsSurabaya.id, Anggadia dari beritajatim.com, dan Didik yang merupakan pewarta foto LKBN Antara.

Kronologi

Berdasarkan pengakuan korban, peristiwa penganiayaan itu bermula sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka datang ke warung depan tempat hiburan di Jl Simpang Dukuh, Surabaya, untuk bersiap meliput penyegelan tempat hiburan malam oleh Satpol PP Pemprov Jatim dan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Lalu ada seorang perempuan yang tak mereka kenal, berteriak dengan nada marah dan menyuruh mereka naik ke lantai 5 untuk bertemu seorang pria.

Karena merasa tak mengenal pria yang namanya disebutkan oleh perempuan itu, mereka pun menolak. Selain itu, para korban juga sedang menunggu kedatangan dinas terkait untuk melakukan wawancara doorstop.

Sekitar pukul 14.30 WIB, Angga, Firman, dan Rofik menunggu di depan lift gedung. Mereka kembali diajak naik untuk menemui pria yang namanya disebutkan oleh perempuan tak dikenal tadi. 

Sekali lagi permintaan itu ditolak karena mereka masih ingin melakukan wawancara doorstop dengan dinas terkait.

Pukul 15.00 WIB, Rofik kembali menuju warung depan untuk menghampiri Didik dan memanggil agar bersiap-siap di depan lift.

Saat itulah, Rofik mendengar provokasi kembali dari perempuan yang sama. Adu mulut terjadi.

Hanya selang hitungan detik, belasan pria tak dikenal yang sempat mengintimidasi Angga dan Firman saat di gedung, menghampiri Rofiq di warung dan langsung melakukan pemukulan di bagian kepala belakang, wajah, pinggang bagian belakang kanan, hingga pelemparan kursi dan injakan kaki pada paha dan betis berulang kali.

Didik juga mengalami tendangan di bagian kaki kanan, dan pemukulan menggunakan helm di tangan kanan. Firman dan Angga mengalami intimidasi dan sempat memghindari pemukulan.

Pukul 15.20 WIB mereka memutuskan mundur karena semakin banyak massa dari preman yang tersulut emosinya. Namun, sepeda motor Angga dan Rofik ditahan oleh para pelaku dan baru bisa diambil setelah polisi mendampingi mereka ke lokasi. Setelah kejadian itu, para jurnalis tersebut membuat laporan ke Polrestabes Surabaya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut