get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Arus Mudik, Pemakaian Pertamax Series Naik hingga 26,3%

Lestarikan Penyu, Ini yang Dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:28 WIB
header img
Pelestarian dan perlindungan penyu ini agar jumlah populasi penyu setiap tahunnya meningkat sehingga ekosistemnya selalu terjaga. Foto/Dok Pertamina

Irpan Friyadi, Spv. RSD Pertamina Fuel Terminal Madiun, mewakili Fuel Terminal Manager Madiun mengatakan, peresmian Program Eco Toursim Village ini tidak hanya meresmikan kegiatan yang telah berjalan dari tahun 2021 hingga sekarang, tetapi kegiatan ini juga meresmikan aplikasi games edukasi yang berisi tentang penyu. 

“Aplikasi games ini bernama Fantastic Turtle yang dapat diunduh di Play Store. Games ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak serta orang dewasa agar mengetahui tentang penyu sehingga menumbuhkan kesadaran diri untuk melindungi populasi penyu dari predator baik itu manusia maupun hewan," terangnya.

Menurut Camat Panggul, Agus Dwi Karyanto, Program Eco Toursim Village sangat membantu kegiatan edukasi lingkungan terutama penyu yang lebih massif.

“Terima kasih kepada Pertamina Fuel Terminal Madiun karena telah membantu dan mendukung setiap aktivitas yang dijalankan PokMasWas (Kelompok Pengawas Masyarakat) di Pantai Kili-kili dalam melindungi penyu dan adanya aplikasi ini juga membantu kegiatan edukasi lingkungan terutama penyu yang lebih massif," ucapnya.

Sementara itu Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan, bahwa pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). 

Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Deden menuturkan, keberadaan penyu sangat penting bagi lingkungan laut sebagai pengendali ekosistem. Sebagai hewan herbivora, penyu selalu memakan tumbuhan di dalam air, seperti ganggang atau rumput laut dan hal itu dapat membantu perkembangan terumbu karang sebagai sebagai habitat bagi hewan laut lain. 

"Dengan diluncurkannya program ini, harapan kami semoga setiap orang dapat menjadi “penjaga” alam dan berkontribusi terhadap keberlangsungan ekosistemnya”, tutup Deden.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut