get app
inews
Aa Read Next : KPU Surabaya Paparkan Syarat Daftar PPK Pemilihan Serentak 2024

Seleksi PPK dan PPS di Kabupaten Intan Jaya Disinyalir Sarat Nepotisme

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:12 WIB
header img
Tokoh pemuda Intan Jaya, Yeri Miagoni. Foto/Dok Pribadi

INTAN JAYA, iNewsSurabaya.id - Proses seleksi PPK dan PPS di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah disinyalir sarat dengan permainan oknum tertentu di KPUD Intan Jaya

Alhasil proses seleksi yang dilakukan tidak mendapatkan SDM PPK dan PPS yang memenuhi kompetensi, bahkan beberapa ditemukan tidak bisa membaca dan menulis. 

Belum lagi ditemukan di banyak distrik, satu keluarga semua menjadi PPK dan PPS karena punya hubungan kekerabatan dengan oknum KPUD Intan Jaya. Termasuk mayoritas PPK dan PPS yang direkrut berasal dari satu marga keluarga saja. 

Hal ini bahkan diungkapkan sendiri oleh salah seorang Anggota KPUD Intan Jaya Nion Wenda yang mengetahui langsung permainan kotor dalam proses rekrutmen ini. 

Nion Wenda mengaku kecewa karena aroma kuat nepotisme dalam menetapkan hasil seleksi PPK dan PPS.

“Saya kecewa dengan eman-teman anggota KPU Intan Jaya, karena tidak jujur, tidak terbuka dan tidak bekerjasama serta tidak tulus dalam bekerja. Mulai dari rekrut PPD atau PPK itu sampai rekrut PPS ini," katanya.
 
"Kami anggota KPU kasih tes kepada pelamar tertulis sampai wawancara setengah mati. Lalu disaat penetapan itu, komisioner pake catatan tangan yang dibawa dari rumah itu yang ditetapkan dan bukan hasil nilai tes,” lanjut Nion Wenda anggota KPU Kabupaten Intan Jaya dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (26/1/2023).

Nion yang membidangi divisi perencanaan dan data itu mempertanyakan juknis serta PKPU yang digunakan dalam perekrutan PPK dan PPS. 

"KPU Intan Jaya ini saya bingung. Apakah Komisioner KPU itu pemain politik atau penyelenggara?  Dari sisi regulasi, kami terapkan PKPU nomor berapa atau juknisnya dari Provinsi atau Pusat atau juknisnya dari Intan Jaya sendiri? Ini sangat tidak jelas," ungkap Nion.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut