get app
inews
Aa Read Next : Kisah Hidup Legenda Barcelona Dani Alves, Dituduh Perkosa Orang Kini Hidupnya Depresi di Penjara

7 Kota Miliki Desain Paling Spektakuler di Dunia

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:04 WIB
header img
Sejumlah kota di beberapa negara justru terkenal dengan desain yang spektakuler dan membuat setiap orang terkagum-kagum.

SURABAYA, iNews.id - Keindahan yang memikat hati bukan hanya dapat ditemui di alam bebas yang identik dengan berbagai kemurniannya. Sejumlah kota di beberapa negara justru terkenal dengan desain yang spektakuler dan membuat setiap orang terkagum-kagum.

Hal tersebut dapat dilihat dari penataan yang rapi, bentuknya yang radial atau melingkar bila dipandang dari udara, bangunan artistik khas masa lalu, corak yang estetik serta bangunan yang unik. Mari kita ulas sejumlah kota di dunia dengan penataan yang spektakuler sebagai berikut.

Barcelona – Spanyol
Selain populer denga klub sepak bolanya, Barcelona juga menyejukkan mata dengan desain kota yang indah. Salah satu distrik kota yang dujuluki The City of Gaudi ini terkenal dengan tata kotanya yang cantik, distrik yang dimaksud adalah Eixample. Jalanan yang lurus, pola-pola garis yang ketat, jalanan yang lebar dan blok persegi octagonal. Desain tersebut adalah rancangan arsitek terkenal, Ildefons Cerda, dengan ciri khas ruang terbuka hijau dan jalanan yang lebar. Distrik Eixample apabila dilihat dari langit akan tampak seragam bentuknya berupa blok-blok persegi.

Saat berkunjung distrik ini wisatawan akan disuguhi pemandangan menakjubkan dengan bangunan arsitektur modernisme. Hampir semua bangunan di Eixample adalah merupakan buah pemikiran Arsitek Idefons Cerda dan Antoni Gaudi. Ibukota wilayah otonom Cataluna ini juga terdapat bangunan bersejarah seperti Barcelona University, Casa Goferichs dan Parc De Joan Miro

Copenhagen - Denmark 
Perkembangan jaman membuat model tata ruang disebuah kawasan semakin beragam dan unik bentuknya. Pemukiman di Copenhagen ini adalah salah satunya karena apabila dilihat dari satelit bentuknya seperti potongan pizza. Pemukiman ini merupakan sebuah komples perumahan bernama Brondby Haveby yang berada di Copenhagen, Denmark. Tidak seperti kompleks perumahan pada umumnya, perumahan tersebut tersusun berbentuk lingkaran dan rumah-rumah dibatasi oleh garis pohon mengikuti lingkaran. Oleh karena itu bentuknya seperti potongan pizza yang berwarna sangat hijau, bahkan pagar-pagar rumah diselimuti oleh belukar tumbuhan hijau yang membuatnya semakin memanjakan mata.

Konsep perumahan tersebut diketahui di desain oleh arsitek Erik Mygind yang idenya disepakati pada tahun 1964. Kota kebun ini dibangun sejak 1964, kompleks perumahan yang sangat terkenal dengan tata letak rumahnya disusun membentuk lingkaran guna meningkatkan interaksi sosial antar penghuni perumahan. Dengan halaman yang luas jumlah total ada 24 lingkaran yang bertujuan agar setiap warga selalu rukun.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut