get app
inews
Aa Read Next : UPN Veteran Jawa Timur Dorong Urban Farming di Gunung Anyar, Solusi Ketahanan Pangan Kota Surabaya

Mau Lihat Sejarah Kota Surabaya dari Kalimas, Ini Buku yang Pas Jadi Pegangan

Jum'at, 05 Mei 2023 | 12:30 WIB
header img
Sejarah Kota Surabaya dari Kalimas, Ini Buku yang Pas Jadi Pegangan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 pada 31 Mei 2023 mendatang menjadi awal temuan sejarah baru. Sejarah Kota Surabaya bakal lebih mudah ditemukan melalui Sungai Kalimas yang menjadi bagian tak terpisahkan.

Sejarah ini diurai Perkumpulan Begandring Soerabaia menerbitkan buku tentang sejarah Kota Surabaya yang berjudul “Meneropong Sejarah Surabaya Dari Sungai Kalimas". Karya tersebut didedikasikan kepada seluruh warga di Kota Pahlawan.

Buku tersebut menyajikan tentang beragam tempat bersejarah yang ada di sepanjang sungai Kalimas, mulai dari Ngagel hingga Tanjung Perak. Sementara sungai Kalimas sendiri, dinilai sebagai bukti dan saksi sejarah Kota Surabaya di sepanjang zaman.  Sehingga menjadi wahana untuk melihat ragam sejarah Surabaya mulai dari era kerajaan Singasari di abad 13 hingga era kolonial.

“Untuk melengkapi isi buku ini, kami mohon Walikota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi, berkenan memberikan kata pengantar dan dukungan pembiayaan pada proses cetak buku dimaksud. Hal ini tentunya sebagai bentuk partisipasi warga kota dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya,” kata Ketua Begandring Soerabaia, Nanang Purwono, Jumat (5/5/2023). 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut