get app
inews
Aa Read Next : Pionir yang Mengizinkan Perayaan Imlek di Indonesia, Orangnya Sederhana dan Terpandang, Ini Sosoknya

Gus Dur, Sosok Presiden RI yang Tak Miliki Dompet, Begini Cara Unik Belanja yang Dilakukan

Senin, 10 Juli 2023 | 10:49 WIB
header img
Gus Dur Sosok Presiden RI yang Tak Miliki Dompet dibongkar Gus Mus. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Presiden RI Gus Dur memiliki pengalaman-pengalaman nyeleneh dalam perjalanan hidupnya. Baru-baru ini viral, Gus Dur tidak pernah memiliki dompet untuk menyimpan uang, lalu bagaimana cara transaksi pembelian yang dilakukannya. 

Pengasuh Pondok Pesantren Leteh Rembang, Jawa Tengah, KH Mustofa Bisri atau dikenal Gus Mus membongkar keunikan yang dimiliki Gus Dur. Aksi bongkar rahasia ini pun viral di beberapa media sosial (Medsos), salah satunya akun @admin RFK agtor nusantara yang menyajikan video Gus Mus Bongkar sikap unik Gus Dur. 

"Gus Dur itu tidak pernah punya dompet, kalau mau beli bakso ya beli. Anaknya yang bayar," ungkap Gus Mus mengawali cerita dengan mengenang Gus Dur. 

Gus Mus mengakui, baginya apa yang dilakukan Gus Dur ini diluar kebiasaan orang. Menurutnya, hampir semua orang memiliki dompet untuk dimanfaatkan sebagai tempat uang. "Saya aja punya dua dompet, satu rupiah satunya untuk dolar," ujarnya. 

Pernyataan Gus Mus dikuatkan KH Husein Muhammad dalam bukunya Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus (2015). Tidak familiarnya Gus Dur dengan dompet sebab seringkali Gus Dur tidak punya uang. Karena ketika mempunyai uang, Gus Dur langsung membagikannya kepada orang lain atau pihak yang memerlukannya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut