get app
inews
Aa Read Next : DMC Dompet Dhuafa Jatim Berikan Bantuan Korban Gempa Pulau Bawean, Salurkan Kebutuhan Pokok

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Robot Pengantar Obat dan Makanan Otomatis untuk Orang Lansia

Kamis, 13 Juli 2023 | 15:27 WIB
header img
Rasyid Febrianto Adi Nugroho, Yefta Prasista Triastomo, dan Adinda Seoulita menunjukkan robot TEUSEM. Foto/Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Tiga Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) membuat robot pengantar obat dan makanan yang diberi nama TEUSEM (Teknik Elektro UBAYA Smart Elderly-Care Monitoring). 

Robot ini dirancang untuk mengantarkan obat dan makanan ke orang lansia (lanjut usia) secara otomatis dan dapat dipantau dari jarak jauh.  TEUSEM adalah service robot yang dibuat oleh Rasyid Febrianto Adi Nugroho, Adinda Seoulita, dan Yefta Prasista Triastomo. 

Ketua tim, Rasyid mengatakan pembuatan TEUSEM dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa rasio jumlah perawat dibanding orang lansia di Indonesia saat ini sangat kecil. 

Jika jumlah perawat sangat sedikit, kualitas hidup mereka akan berkurang karena harus mengurus orang lansia dalam jumlah yang banyak. 

“TEUSEM hadir sebagai solusi untuk meringankan dan memudahkan rutinitas perawat, khususnya mengantar obat dan makanan. Sehingga, kualitas hidup lansia tetap terjaga tanpa mengorbankan kualitas hidup perawat,” jelasnya. 

Selain itu, TEUSEM memungkinkan perawat untuk melakukan monitoring aktivitas orang lansia dengan menggunakan perangkat cerdas seperti laptop dan tablet. 

Lebih lanjut, Rasyid menjelaskan bahwa robot TEUSEM ini memiliki sistem yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu perancangan kontrol gerak robot, perancangan pembacaan sensor, perancangan pendeteksian ruangan dengan sensor, dan perancangan sistem monitoring orang lansia. Robot dilengkapi beberapa mikrokontroler sebagai pengendali pada dua motor robot. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut