get app
inews
Aa Read Next : Khofifah Satu-Satunya Gubernur yang Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI

Rumput Laut Jawa Timur Diminati Pasar Luar Negeri

Senin, 07 Agustus 2023 | 07:57 WIB
header img
Gubernur Khofifah melepas ekspor perdana ke Australia 15 ton rumput laut jenis Gracilaria Sp yang diproduksi oleh Koperasi Agar Makmur Sentosa di Dusun Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jumat (04/8/2023). Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Rumput laut menjadi salah satu komoditas potensial dan diminati pasar luar negeri. Saat ini, komoditas rumput laut dari Jatim telah diekspor ke 23 negara.

Sebagian rumput laut Jatim diekspor ke China, Korea, Filipina, Vietnam dan Amerika Serikat. Jenis rumput laut yang dikirim selama ini meliputi rumput laut Eucheuma cottonii kering, Eucheuma spinosum kering, rumput laut jenis lain untuk konsumsi baik segar maupun kering. 

"Selain itu rumput laut digunakan sebagai bahan baku pewarna, penyamakan, wewangian, insektisida, fungisida baik segar, beku, dan kering," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (6/8/2023).

Khofifah menambahkan, dalam empat tahun terakhir yakni periode 2019-2022 usaha petani rumput laut dan pelaku industri telah berkontribusi terhadap ekspor Jatim. Di mana ekspor rumput laut rata-rata tumbuh positif sebesar 19,30 persen selama periode tersebut dengan nilai ekspor pada tahun 2022 mencapai USD106, 89 juta. "Jumlahnya sebanyak 68.996,29 ton rumput laut," ujarnya.

Sebelumnya, orang nomor satu di Jatim itu melepas ekspor perdana ke Australia 15 ton rumput laut jenis Gracilaria Sp yang diproduksi oleh Koperasi Agar Makmur Sentosa di Dusun Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jumat (4/8/2023). Rumput laut itu diekspor ke perusahaan start up bernama ULUU di Australia. 

Koperasi ini banyak mendapatkan pelanggan dari mancanegara. Selain Australia, Koperasi Agar Makmur Sentosa juga  telah mengekspor 50 ton rumput laut kering ke China . “Tentu ini menjadi hal yang luar biasa, bagaimana produksi rumput laut Koperasi Agar Makmur bisa menembus pasar ekspor," kata Khofifah. 

Ketua Koperasi Agar Makmur Sentosa Herry Sudarmono mengatakan, setiap bulannya Koperasi Agar Makmur Sentosa mampu memproduksi 500 hingga 800 ton rumput laut kering dari 300 hektare luasan tambak yang dikelola koperasi ini. Hasil produksinya tak hanya memenuhi permintaan pasar luar negeri, koperasi ini juga memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. 

"Pengiriman tersebut dilakukan tiap minggunya bergantung pada permintaan pasar. Biasanya, pengiriman pasar lokal dikirimkan ke wilayah Malang, Pasuruan, Singosari, Surabaya dan Sidoarjo," katanya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut