get app
inews
Aa Read Next : KPU Surabaya Buka Pendaftaran KPPS Untuk Pilkada Serentak 2024

Tak Teliti dalam Seleksi DCS Anggota DPRD, KPU Surabaya Merasa Kecolongan, Kok Bisa?

Minggu, 27 Agustus 2023 | 11:36 WIB
header img
Gedung KPU Surabaya. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewaSurabaya.id - Insiden Anggota Badan Pengawas (Bawas) PD RPH Surabaya lolos menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS) menandakan KPU tak teliti. Anehnya, KPU Surabaya justru merasa kecolongan dengan adanya pejabat publik lolos sebagai DCS. 

Sebagaimana diketahui, Anggota Bawas PD RPH bernama H. Mohammad Faridz Afif, S.IP., M.AP. Didaftarkan sebagai Caleg oleh DPC PKB Kota Surabaya. Posisi yang bersangkutan merupakan pejabat Bawas RPH Kota Surabaya, sesuai aturan dilarang untuk mencalonkan diri, kecuali mundur. 

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soepriyatno mengatakan, dari salah satu syarat dokumen BCAD (Bakal Calon Anggota DPRD), terdapat formulir B yaitu pernyataan dari bakal calon.

"Nah yang bersangkutan itu mencantumkan pekerjaannya di swasta atau lainnya. Dari proses verifikasi administrasi yang kita lakukan, sepanjang dokumen itu menyebutkan pekerjaan swasta dan lainnya ya sudah. Itu kita anggap benar. Karena sifatnya pernyataan dan bermaterai dari yang bersangkutan," jelasnya.

Apalagi dalam dokumen pencalonan tidak ada mekanisme verifikasi faktual di lapangan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut