get app
inews
Aa Read Next : Cari 7 Korban Tertimpa Rumah Kontainer di Perairan Madura, Basarnas Kerahkan 3 Kapal dan 1 Pesawat

Pelindo Marines Menangkan Tender Kapal Tunda untuk Operasional Migas

Kamis, 31 Agustus 2023 | 18:31 WIB
header img
Pelindo Marines Menang Tender Dukung Operasional Migas. Kapal Tunda Kresna 306 yang dioperasikan Pelindo Marines siaga dalam pelayanan mendukung operasional minyak dan gas di perairan barat Pulau Madura. Foto/Dok Pelindo Marines

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines memenangkan tender kontrak layanan kapal tunda untuk mendukung operasional minyak dan gas (migas) di anjungan Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). 

Direktur Utama Pelindo Marines, Warsilan mengatakan Kapal Tunda (KT.) Kresna 306 dan kru pelaut yang kompeten dari Pelindo Marines, kembali dipercaya untuk mendukung operasional anjungan migas milik PHE WMO di perairan lepas pantai barat Pulau Madura, Jawa Timur. 

"Setelah memenuhi kontrak sebelumnya untuk durasi 3 tahun, KT. Kresna 306 akan melanjutkan tugas hingga 3 tahun ke depan untuk kontrak yang baru,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Pelindo Marines, Kamis (31/8/2023). 

Warsilan menjelaskan, KT. Kresna 306 akan siaga 24 jam per hari dan 7 hari per minggu untuk mendukung kegiatan produksi, eksplorasi, operasi logistik, hingga pemeliharaan di anjungan dan perairan wilayah operasinya. 

Dalam mendukung operasional offshore, kapal tunda memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya mulai pelayanan penundaan kapal (towage), hingga melayani transportasi pekerja anjungan dan material logistik operasional. 

KT. Kresna 306 merupakan kapal tunda berkekuatan mesin hingga 2 x 1.575 tenaga kuda (horse power). Kemudian juga telah dilengkapi propulsi ASD (Azimuth Stern Drive) yang membuatnya dapat bermanuver yang lebih lincah dan efisien, sehingga mumpuni untuk menjadi kapal tunda pendukung offshore.

Ia menambahkan, layanan kapal tunda yang dioperasikan Pelindo Marines telah mampu memenuhi tingginya standar safety (keselamatan). Selain itu juga pemenuhan sejumlah kompetensi teknis untuk berbagai jenis pekerjaan sekaligus pada operasional kapal tunda di anjungan lepas pantai. 

“Hal ini menunjukkan Pelindo Marines siap melebarkan pasar di luar captive market-nya. Tidak hanya layanan penundaan kapal kargo di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo, tetapi juga optimasi layanan kapal tunda untuk meningkatkan kinerja logistik nasional,” tambah Warsilan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut