get app
inews
Aa Read Next : Cari 7 Korban Tertimpa Rumah Kontainer di Perairan Madura, Basarnas Kerahkan 3 Kapal dan 1 Pesawat

Pelindo Marines Menangkan Tender Kapal Tunda untuk Operasional Migas

Kamis, 31 Agustus 2023 | 18:31 WIB
header img
Pelindo Marines Menang Tender Dukung Operasional Migas. Kapal Tunda Kresna 306 yang dioperasikan Pelindo Marines siaga dalam pelayanan mendukung operasional minyak dan gas di perairan barat Pulau Madura. Foto/Dok Pelindo Marines

Pengangkutan FAME

SM Komersial Pelindo Marines, Dhika Ramadhany Putra, membenarkan bahwa kini Pelindo Marines terus mendorong perluasan pasar layanan di luar captive market. 

Selain segmen layanan kapal tunda pendukung operasional offshore, anak usaha BUMN Pelindo tersebut juga menggarap jasa pengangkutan bioenergi FAME (fatty acid methyl esther/ester metil asam lemak) yang merupakan material produksi bahan bakar nabati. 

Pelindo Marines telah melayani segmen pasar pengangkutan FAME dari Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang di tahun 2023 ini total kargo FAME yang diangkut telah mencapai lebih dari 345 ribu kiloliter. 

“Juga yang terbaru mengangkut FAME dari dermaga di Kawasan Industri Dumai, Riau, ke terminal khusus Plaju di Palembang, Sumatera Selatan, yang telah mencapai sekitar 8.000 kiloliter dalam dua kali pengangkutan saja. Rencananya pada triwulan 3 tahun 2023 akan ada order pengangkutan lagi,” paparnya.

Sebagai informasi, PT Pelindo Marine Service (PMS) atau biasa disebut Pelindo Marines bagian dari grup BUMN Pelabuhan Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan jasa kapal. 

Layanan Pelindo Marines di antaranya yaitu jasa penundaan kapal di pelabuhan, operasional kapal pandu, jasa kapal tug-assist untuk operasional offshore, jasa perbaikan kapal, jasa keagenan kapal, dan lainnya. 

Pelindo Marines telah memiiki 3 anak perusahaan, yakni PT Alur Pelayaran Barat Surabaya yang mengelola layanan alur pelayaran serta revitalisasi alur dan kolam pelabuhan. Berikutnya PT Pelindo Energi Logistik di bidang layanan logistik energi. Kemudian PT Berkah Multi Cargo yang melayani transportasi multimoda.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut