get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

BPJS Kesehatan Surabaya Fokus Tingkatkan Mutu Layanan: Mudah, Cepat, dan Setara

Rabu, 27 September 2023 | 10:59 WIB
header img
BPJS kesehatan fokus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Foto iNewsSurabaya/trisna

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - BPJS Kesehatan Cabang Kota Surabaya melakukan sinergitas bersama media dalam upaya transformasi digital mutu layanan kesehatan kepada masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Fokus pada mutu layanan yang mudah, cepat dan setara menjadi fokus kedepan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Hernina Agustin Arifin mengungkapkan, kondisi keuangan BPJS Kesehatan yang surplus menjadi alasan tepat dalam meningkatkan mutu layanan.

“Saat ini adalah saat yang tepat untuk memfokuskan perhatian pada peningkatan mutu layanan,” ujarnya, Selasa, (26/9/2023).

Di Surabaya sendiri, telah ada 56 Rumah Sakit (RS) yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Surabaya sendiri mentargetkan 59 RS akan bermitra hingga akhir tahun 2023. 

Dengan semakin banyaknya mitra RS, Ia meyakini transformasi peningkatan mutu layanan dapat dilakukan. Dimana nantinya akan berdampak pada kepuasan peserta. 

“Kami meminta RS tetap berkomitmen mendukung transformasi peningkatan mutu layanan yang kami lakukan, itu semua untuk kepuasan peserta atau pasien,” katanya. 

Dijelaskan Ina, BPJS Kesehatan tahun ini fokus untuk meningkatkan mutu layanan sesuai dengan slogannya yakni Mudah, Cepat, Setara. Mudah, cukup menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja untuk periksa di fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama. 

Cepat, antrean tidak menunggu lama karena BPJS Kesehatan ada inovasi antrean online yang bisa diakses dari mobile JKN dan dapat dilakukan dari mana saja. Setara, tidak terdapat perbedaan atau diskriminasi pelayanan antara peserta JKN dan pasien umum.

“Langkah-langkah seperti Mudah, Cepat, dan Setara harus diimplementasikan untuk memenuhi harapan peserta JKN,” tuturnya.

Menurut Ina, pihaknya telah menyiapkan kanal-kanal pengaduan bagi peserta JKN. Mulai mobile JKN,Pandawa, CHIKA atau bisa datang ke kantor BPJS. Untuk menampung pengaduan, di RS yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan disiapkan petugas informasi baik dari BPJS Kesehatan dan RS, mereka juga ada nomor HP. 

"Prinsipnya BPJS Kesehatan terus bergerak menuju pemberian layanan yang lebih baik dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Kabag SDM Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Surabaya Achmad Zammanar Azam menuturkan bahwa peningkatan mutu layanan bukan hanya tanggung jawab BPJS Kesehatan, tetapi juga seluruh sistem kesehatan yang ada di Indonesia.

“Semua pihak harus bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap peserta JKN mendapatkan pelayanan yang terbaik. Dengan demikian, kita dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang dari Program Jaminan Kesehatan Nasional,” jelasnya.

Ketua BPJS Watch Jawa Timur/Jatim, Arief Supriyono, mengungkapkan, saat kondisi finansial BPJS Kesehatan yang tidak defisit menjadi momentum untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi pesertanya. 

"Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memfokuskan perhatian pada peningkatan mutu layanan,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut