get app
inews
Aa Read Next : Debat Cawapres Penuh Gimmick dan Saling Serang, Begini Respon Rektor UWP Surabaya

Keren! BEM FT UWP Surabaya Bisa Ubah Limbah Sampah Jadi Paving dan Batako, Begini Caranya

Rabu, 11 Oktober 2023 | 10:47 WIB
header img
BEM FT UWP Surabaya mampu menjadikan limbah sampah jadi batako dan paving. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Keterampilan nyata diperlihatkan mahasiswa-mahasiswa Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya. Tim Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT UWP membuat terobosan dengan mengubah limbah abu hasil pembakaran sampah menjadi paving dan batako

BEM FT UWP menjadi tokoh yang melakukan perubahan produk ini, melalui program pemberdayaan masyarakat dan penguatan keorganisasian dari Kemendikbudristek-dikti, mereka menggandeng mitra Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Desa Mojosarirejo kecamatan Driyorejo-Gresik. 

"Sistem inovasi yang dilakukan adalah menggunakan mesin Incenerator untuk melakukan pembakaran sampah di TPS Desa Mojosarirejo kecamatan Driyorejo-Gresik," kata M.Hasan Abdullah selaku dosen pembimbing inovasi BEM FT UWP Surabaya

Menurutnya, penerapan mesin incenerator tumpukan sampah dan bau sampah menjadi sangat berkurang, asap pembakaran hampir tidak ada. Kemudian abu hasil pembakaran sampah diolah menjadi paving-batako.

"Caranya adalah abu dicampur dengan semen, pasir dan air pada komposisi 2:1:1:1. Dalam satu bulan abu hasil pembakaran sampah bisa mencapai 300 kg," ujar M.Hasan Abdullah. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut