get app
inews
Aa
Read Next : Gubes Unitomo Prof Siti Marwiyah : Presidential Threshold Ciderai Kedaulatan Rakyat

Gubes Unitomo: PTS Harus Terbebas dari Tekanan Politik dan Ekonomi

Jum'at, 28 Januari 2022 | 15:54 WIB
header img
Prof. Dr. Nur Sayidah. (Foto: Dok Humas Unitomo)

SURABAYA, iNews.id - Guru Besar Ilmu Akuntansi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Prof. Dr. Nur Sayidah, menuturkan bahwa 
perguruan tinggi swasta (PTS) harus terbebas dari pengaruh, tekanan, dan kontaminasi apapun seperti kekuatan politik atau kekuatan ekonomi.

Hal itu agar misi utama pendidikan tinggi dapat terwujud. Seperti tridharma perguruan tinggi misalnya. Kegiatan berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dapat dilaksanakan berdasarkan kebebasan akademik dan otonomi keilmuan (PP No 4 Tahun 2014). 

"PTS harus dikelola dengan baik dengan menerapkan prinsip-prinsip good university governance agar dapat  mencapai fungsi dan perannya dalam pendidikan tinggi," tuturnya, Jumat (28/1)

Pendidikan tinggi, kata dia, mempunyai misi utama untuk mencari, menemukan, menyebarluaskan, dan menjunjung tinggi kebenaran (PP No 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi). 

Fungsinya adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,  mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan tridharma, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora (Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). 

"PTS melalui penyelenggaraan tridharma, harus mampu berperan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu berperan aktif, baik dalam kegiatan pembangunan nasional, maupun dalam meningkatkan daya saing bangsa," tegasnya.

Tuntutan untuk mewujudkan good university governance tersebut, tentunya memerlukan peran dan partisipasi dari berbagai pihak. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut