get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Wisman ke Jatim Desember 2023 Capai 23.244 Orang, Rekor Tertinggi Pasca Covid-19

Revitalisasi Jembatan Jatim Senilai Rp582 Miliar Selesai, Perjalanan Saat Nataru di Jatim Lancar

Selasa, 19 Desember 2023 | 13:30 WIB
header img
Pembenahan Jembatan Jatim Senilai Rp582 Miliar Selesai Saat Nataru di Jatim. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kementerian PUPR berhasil menyelesaikan penggantian sembilan jembatan kunci di Jawa Timur, meningkatkan konektivitas untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Proyek ini diharapkan tidak hanya memperlancar arus transportasi, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan akses wisata.

Menurut Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, penggantian Jembatan Callender Hamilton menjadi tonggak penting dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas dan distribusi logistik. Upaya ini diarahkan untuk memastikan infrastruktur jalan dan jembatan yang handal guna meningkatkan konektivitas antar wilayah.

Proyek ini merupakan hasil Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan melibatkan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana serta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai penjamin. Dengan total biaya mencapai Rp582 miliar, kesembilan jembatan di Jatim kini telah diperbaharui, melibatkan teknologi modern seperti Structural Health Monitoring System (SHMS) untuk operasi dan pemeliharaan selama masa layanan.

Pentingnya proyek ini terlihat dari perbaharuan Jembatan Wirolegi hingga Jembatan Kalitakir, yang membantu memperlancar arus lalu lintas dan memperbaiki konektivitas antar kota di Jatim. Desain ekonomis Jembatan Callender Hamilton menjadikannya solusi efisien dengan dimensi rangka batangnya yang relatif kecil.

Dengan selesainya proyek ini, diharapkan masyarakat Jatim dapat merasakan manfaatnya, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru yang akan datang. Infrastruktur yang diperbaharui ini tidak hanya menciptakan perjalanan yang lebih lancar tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemudahan akses ke tempat wisata di wilayah tersebut.

“Konektivitas antar kawasan perlu terus dijaga bahkan ditingkatkan, salah satunya dengan penggantian jembatan yang sudah berumur tua agar aliran barang, jasa, dan manusia bisa lebih lancar dan efisien. Dengan konektivitas yang baik, diharapkan pertumbuhan ekonomi kawasan juga meningkat,” ujar Endra S. Atmawidjaja Juru Bicara Kementerian PUPR. 

“Kita harus pastikan kondisi jalan dan jembatan yang mantap untuk konektivitas antar wilayah dan memperlancar distribusi logistik di Indonesia,” katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut