get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Wisman ke Jatim Desember 2023 Capai 23.244 Orang, Rekor Tertinggi Pasca Covid-19

Revitalisasi Jembatan Jatim Senilai Rp582 Miliar Selesai, Perjalanan Saat Nataru di Jatim Lancar

Selasa, 19 Desember 2023 | 13:30 WIB
header img
Pembenahan Jembatan Jatim Senilai Rp582 Miliar Selesai Saat Nataru di Jatim. Foto iNewsSurabaya/ist

Dengan selesainya penggantian atau duplikasi Jembatan Callender Hamilton, menurut Endra dapat meningkatkan layanan transportasi jalan. Khususnya dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas saat libur Nataru di Jatim. Termasuk akses menuju tempat wisata.

Khusus di Jatim, telah dikerjakan penggantian sembilan jembatan dengan total penanganan 2.116 meter dengan biaya Rp582 miliar. Skema KPBU yang dimaksud berupa ketersediaan layanan dengan masa konsesi 12 tahun.

Kesembilan jembatan di Jatim yang telah selesai diperbaharui adalah Jembatan Wirolegi di Jember yang menghubungkan Jember dan Banyuwangi. Jembatan Trisula Lama yang menghubungkan Kota Blitar dan Tulungagung.

Selanjutnya dua jembatan di Pacitan dengan total penanganan 614 meter, yakni Jembatan Teleng sepanjang 60 meter di Jalan Raya Tompak Rinjing dan Jembatan Kangkung sepanjang 80 meter di di Jalan Raya Pacitan-Trenggalek. Lalu, Jembatan Munjungan sepanjang 55 meter yang berada di Kecamatan Pogalan, Trenggalek.

Empat jembatan lainnya adalah Jembatan Ngujang sepanjang 150 meter di Tulungagung, Jembatan Bandar Ngalim sepanjang 142 meter di Kota Kediri, Jembatan Jetak sepanjang 50 meter di Bojonegoro,dan Jembatan Kalitakir sepanjang 50 meter di Banyuwangi.

Penggantian atau duplikasi jembatan CH ini berupa jembatan Steel Box Girder, Steel I Girder beserta bangunan pelengkap (termasuk Structural Health Monitoring System/SHMS) serta operasi dan pemeliharaan selama masa layanan.

Jembatan Callender Hamilton di Jatim didesain secara ekonomis sehingga menghasilkan dimensi dari rangka batangnya relatif kecil bila dibandingkan dengan jembatan rangka baja tipe lainnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut