get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan, FT Untag Surabaya Luncurkan Aplikasi Inovatif, Ini Bentuknya

Mahasiswa Untag Surabaya Soroti Jabatan DPR Lewat Penelitian, Sayang Risetnya Tak Bisa Diterapkan

Selasa, 27 Februari 2024 | 10:21 WIB
header img
Mahasiswa Untag Surabaya Soroti Jabatan DPR Lewat Penelitian. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Langkah berani diambil Baharuddin Riqiey, mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Hukum di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Dengan penelitian skripsinya yang berjudul ‘Pembatasan Masa Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam Perspektif Konstitusionalisme’,.

Bahar mengangkat isu yang jarang tersentuh dalam tataran akademis. Dalam sebuah wawancara pada tanggal 23 Februari, Baharuddin menjelaskan bahwa penelitiannya memiliki pendekatan yang unik, yaitu melalui konsep konstitusionalisme. 

Dengan tujuan memberikan perspektif baru terkait pembatasan kekuasaan, ia berharap penelitiannya dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia hukum.

“Saya ingin memberikan pandangan baru mengenai pembatasan kekuasaan, terutama dalam konteks masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat,” ungkap Baharuddin.

Lebih lanjut, Baharuddin menjelaskan bahwa tujuan utama penelitiannya adalah untuk mengeksplorasi kesesuaian antara aturan pembatasan masa jabatan anggota DPR dalam UUD Tahun 1945 dengan prinsip konstitusionalisme. 

Dengan demikian, penelitiannya tidak hanya berfokus pada aspek hukum semata, tetapi juga menggali urgensi pentingnya aturan yang mengatur masa jabatan anggota DPR dalam perspektif konstitusionalisme.

Melalui penelitian yang penuh dedikasi ini, Baharuddin Riqiey telah membuka pintu untuk diskusi yang lebih luas mengenai kekosongan norma dalam pemerintahan, khususnya terkait masa jabatan anggota DPR. Langkahnya yang berani dan inovatif ini pantas mendapat apresiasi dari kalangan akademisi dan praktisi hukum.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut