get app
inews
Aa Read Next : Khofifah Optimis Jawa Timur Bakal Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Indonesia

Bea Cukai Diminta Segera Keluarkan Barang PMI yang Tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak 

Rabu, 15 Mei 2024 | 17:30 WIB
header img
Kepala BP2MI Benny Ramdhani meminta Bea Cukai untuk segera mengeluarkan barang-barang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran (BP2MI) Benny Ramdhani meminta Bea Cukai untuk segera mengeluarkan barang-barang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang.

"Sehubungan dengan barang PMI yang masih ditahan, BP2MI merekomendasikan agar pihak Bea Cukai dapat segera memproses mengeluarkan barang PMI," kata Benny dalam konferensi pers di Command Center BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2024).

Permintaan tersebut, katanya, diharapkan dilakukan dengan harmonisasi dari berbagai kementerian dan lembaga terkait yang mengimplementasikan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor yang terakhir diubah dengan Pemendag Nomor 3 Tahun 2024.

Harmonisasi itu juga termasuk yang dilakukan oleh BP2MI dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan terkait data-data tenaga kerja Indonesia yang ada di Sistem Komputerisasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (SISKOP2MI).

"Setelah dilakukan proses ekstraksi data yang kami terima dari Dirjen Bea Cukai kemudian diekstaksi dengan data SISKO BP2MI ditemukan sebanyak 13.700 ribu baris data nomor cn garis resi pengiriman yang merupakan terdapat sebagai tenaga kerja migran Indonesia dan sebanyak 33.786 ribu baris data nomo CN dan resi pengiriman tidak ditemukan dalam SISKo BP2MI," ujarnya. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut