get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Jenderal Dukung Ganjar, Siap Lawan Segala Bentuk Intervensi

Jenderal Sekaligus Panglima TNI Yang Sederhana, Rumahnya Pun Tanpa AC

Minggu, 20 Februari 2022 | 07:47 WIB
header img
Jenderal M Jusuf, merupakan Panglima ABRI di era Presiden Soeharto. (Foto: Youtube)

SURABAYA, iNews.id - Ini cerita tentang rumah Jenderal M Jusuf yang tanpa AC atau pendingin udara. Mungkin agak janggal, rumah seorang jenderal yang pernah memegang jabatan tertinggi di Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni sebagai Panglima TNI, akan tetapi rumahnya tanpa pendingin udara. Tapi memang begitulah kenyataannya.

Cerita rumah Jenderal M Jusuf tanpa AC ini dikisahkan oleh Letjen Purnawirawan TB Silalahi. Letjen TB Silalahi saat masih berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) pernah ditugaskan di Kodam Hassanudin. Kodam yang pernah dipimpin oleh Jenderal M Jusuf.

TB Silalahi juga pernah jadi anak buah Jenderal M Jusuf, pada saat jenderal berdarah Bugis ini jadi Panglima ABRI di era Presiden Soeharto. Dia juga punya hubungan dekat dengan Panglima ABRI yang dikenal sangat dekat dan dicintai para prajurit ini.

Dalam buku, “TB Silalahi Bercerita Tentang Pengalamannya,” yang ditulis Atmadji Sumarkidjo, TB Silalahi yang pernah jadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di era Soeharto ini bercerita saat dia sedang menjabat sebagai Sekjen Departemen Pertambangan dan Energi, Jenderal M Jusuf mantan atasannya menelponnya.

Ketika itu Jenderal M Jusuf sudah pensiun, tak lagi jadi Panglima ABRI dan Menhankam. Lewat telpon, Jenderal M Jusuf mengeluhkan jika listrik di rumahnya yang ada di Jalan Sungai Tangka, Ujung Pandang, rusak. 

TB Silalahi juga mengaku sudah lama dia dapat laporan jika rumah Jenderal M Jusuf itu tidak ada AC nya.

Begitu mengetahui kondisi rumah Jenderal M Jusuf maka TB Silalahi merasa miris dan teriris hatinya.

“Masak rumah mantan Menhankam/ Panglima ABRI begitu parah kondisinya dan tidak ada yang memperhatikan?” ujar TB Silalahi dalam buku yang ditulis Atmadji Sumarkidjo.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut