get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Dukung Armada Mudik Gratis dan Berikan Perlindungan Jaminan Sosial Pengawak Bus

4055 Bunda PAUD Surabaya Terlindungi Jaminan Sosial

Selasa, 22 Februari 2022 | 14:45 WIB
header img
Penyerahan kartu kepesertaan BPJamsostek kepada Bunda PAUD Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 4055 orang bunda Pendidikan anak Usia Dini atau Bunda PAUD kota Surabaya dijamin perlindungan sosialnya melalui program BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Surabaya Rungkut. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Rudi Susanto mengatakan, bahwa para Bunda PAUD tersebut terdaftar sebagai peserta BPJamsostek melalui program CSR atau GN Lingkaran

"Kita dapat CSR atau GNLingkaran dari dua mitra kerja BPJamsostek yakni RSI Jemursari dan RS Royal Surabaya. Jadi kita salurkan," katanya usai acara penyerahakan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Surabaya, Selasa (22/2/2022).

Rudi melanjutkan, selama 7 bulan terhitung mulau Januari - Juli 2022 para Bunda PAUD ini mendapatkan dua manfaat dari program BPJamsostek. Yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). 

"Kami berharap program perlindungan itu nantinya bisa dilanjutkan kepesertaannya, karena program JKK dan JKM ini bagi teman-teman bunda PAUD sangat penting," tegasnya.

Sementara itu Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mejelaskan, bahwa perlindungan jaminan sosial bagi Bunda PAUD ini merupakan upaya pemerintah kota dalam memberikan jaminan kepada Bunda PAUD. 

Program ini, kata Eri, manfaatnya cukup penting. Seandainya berangkat kerja mengalami kecelakaan, maka biaya pengobatan bisa ditanggung BPJamsostek. Begitu juga jika meninggal dunia maka akan ada ada jaminan dari BPJamsostek.

"Jadi banyak manfaat dari BPJamsostek ini," kata dia.

Hanya saja, perlindungan untuk para Bunda PAUD tersebut hanya berjalan selama 7 bulan. Untuk itu, Eri akan berhitung ulang agar bisa dimasukkan dalam anggaran pemerintah kota Surabaya. Mengingat honor yang diterima oleh Bunda PAUD masih sangat kecil, yakni Rp500 ribu per bulan.

"Nanti saya pikirkan kelanjutanya agar Bunda PAUD tidak membayar sendiri," ucapnya.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi, menambahkan keberadaan pendidikan anak usia dini sangat penting. Untuk itu, perlindungan terdahap resiko baik saat berangkat kerja atau di tempat kerja bagi para pendidik dalam hal ini Bunda PAUD.

"Terimakasih BPJS Ketenagakerjaan yang telah membantu memberikan dukungan CSR BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya perlindungan kepada 4055 Bunda PAUD se-kota Surabaya," tuturnya.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut