get app
inews
Aa Read Next : BPJamsostek Gelar Rapat Forum Kepatuhan, Pastikan Perlindungan Optimal bagi Seluruh Pekerja

Desa di Pesisir Sidoarjo Jadi Percontohan Program Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa BPJamsostek

Selasa, 25 Juli 2023 | 16:25 WIB
header img
Penyerahan santunan bersamaan peluncuran Program Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa (KKBC), di Balai Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, Selasa (25/7/2023). Foto/Ali Masduki

SIDOARJO, iNews.id - Desa Kalanganyar, salah satu desa di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menjadi Desa Percontohan Program Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa  (KKBC) BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek.

Kalanganyar merupakan sebuah desa yang luas wilayahnya 2/3 terdiri dari tambak, dan masuk di Kecamatan Sedati. Desa ini sebagai penghasilkan komoditas bandeng, udang windu dan terasi, kerupuk dan olahan ikan bandeng

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda, Guguk Heru Triyoko mengatakan sebagai desa yang lokasinya di pesisir Sidoarjo dan jauh dari kota, namun kesadaran warga Desa Kalanganyar tentang pentingnya perlindungan sosial BPJamsotek sangat tinggi. Bahkan hampir 60 persen angkatan kerja sudah terlindungi BPJamsostek.

Tercatat, saat ini sudah ada 1.584 warga yang dengan mandiri daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mereka mayoritas adalah pekerja di sektor informal.

Hal itu, kata Guguk, sesuai dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh BPJamsostek, yakni memperkuat kepesertaan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

"Di Desa Kalanganyar ini berhasil kita edukasi sehingga berhasil dalam pencapaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.  Ini sebagai desa percontohan untuk wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda," kata Guguk disela peluncuran Program Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa  (KKBC), di Balai Desa Kalanganyar, Sedati,  Sidoarjo, Selasa (25/7/2023).

Dengan tingginya tingkat kepesertaan, maka Desa Kalanganyar bisa dijadikan contoh untuk desa-desa lainnya dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Guguk berharap, peluncuran KKBC ini bisa menjadi penyemangat desa-desa lainnya supaya mengikuti jejak Desa Kalanganyar, mengingat manfaat BPJamsostek sangat baik. Dengan iuran yang murah, peserta akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa berimbang ke desa-desa lainnya,"  ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut