get app
inews
Aa Read Next : Pertamina dan Pemkab Banyuwangi Kolaborasi Berdayakan Peternakan Kambing, Ini Hasilnya

Kantor Imigrasi Bakal Buka Baru di Banyuwangi, Totalnya Jadi Sepuluh di Jawa Timur

Selasa, 02 Juli 2024 | 18:07 WIB
header img
Kanwil Kemenkumham Jawa Timur bergerak cepat mempersiapkan pembukaan kantor imigrasi baru di Banyuwangi. Foto iNewsSurabaya/dok kemenkumham Jatim

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Kanwil Kemenkumham Jawa Timur bergerak cepat mempersiapkan pembukaan kantor imigrasi baru di Banyuwangi. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan keimigrasian di pintu masuk internasional di ujung timur Pulau Jawa.

Kepastian pembukaan kantor baru ini didasarkan pada surat dari MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas, kepada Menkumham Yasonna H. Laoly tertanggal 1 Juli 2024. Surat bernomor B/792/M.KT.01/2024 itu membahas Usulan Penataan Kelembagaan UPT Keimigrasian.

"Dengan kepastian dan lampu hijau dari KemenPAN-RB ini, kantor baru imigrasi di Banyuwangi bisa segera dibangun," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, Selasa (2/7).

Heni menyambut baik keputusan ini, mengingat Banyuwangi adalah daerah yang strategis. "Banyuwangi sering menjadi tuan rumah event internasional, dan posisinya yang berdekatan dengan Bali membuat banyak warga negara asing masuk ke Jawa Timur melalui Banyuwangi," jelas Heni.

Selama ini, Kabupaten Banyuwangi masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Jember. Dengan adanya kantor sendiri, wilayah kerja Kantor Imigrasi Banyuwangi juga akan mencakup Kabupaten Situbondo.

"Surat dari KemenPAN-RB menunjukkan bahwa Kantor Imigrasi Banyuwangi akan menjadi kelas III, memiliki Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), dan dipimpin oleh pejabat eselon IV.a," terang Heni.

Heni menambahkan bahwa seluruh warga Indonesia di mana pun berada dapat memanfaatkan layanan imigrasi di Banyuwangi, terutama untuk penerbitan dan penggantian paspor.

"Saat ini pelayanan sudah online, masyarakat hanya perlu menyesuaikan saja," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut