get app
inews
Aa Read Next : Kampung Unggulan TPS Raih Juara I Lomba Penataan Lingkungan

TPS Raih Perhargaan TJSL and CSR Award 2024

Rabu, 31 Juli 2024 | 19:09 WIB
header img
Erika Asih Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS menerima penghargaan Platinum Pilar Hukum & Tata Kelola TJSL&CSR Award 2024. Foto/Dok TPS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) meraih penghargaan dalam ajang TJSL & CSR Award 2024. Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Perusahaan TPS pada Selasa (30/7) di Jakarta. 

TJSL & CSR Award 2023 yang diprakarsai BUMN Track ini diikuti oleh 97 perusahaan peserta, terdiri dari perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN. 

“Berbagai tahapan mulai dari pendalaman materi hingga presentasi harus dilalui masing-masing peserta guna menguji konsistensi penerapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berdampak signifikan kepada Pelanggan dan segenap Pemangku Kepentingan di Perusahaan," kata Erika Asih Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS.

Dalam perhelatan tahun ini, TPS ikut serta dalam 2 Pilar TPB, yaitu Pilar Ekonomi dengan penerapan Container Damage Report (CDR) Online dan Pilar Hukum dan Tata Kelola dengan materi Penerapan Prinsip GCG di Perusahaan.

CDR merupakan dokumen yang memuat hasil pengecekan kondisi petikemas sebelum masuk ke TPS. 

Sebelumnya, dokumen ini harus ditandatangani secara hard copy oleh TPS, Box Operator dan Vessel Operator. 

Mekanisme tanda tangan basah (hardcopy) tersebut berubah melalui pemanfaatan teknologi informasi, dalam hal ini adalah dengan transformasi CDR menjadi CDR Online. 

Dengan mekanisme terbaru tersebut, Pengguna Jasa tidak perlu repot datang ke TPS untuk menandatangani CDR. Approval atau penandatanganan persetujuan oleh para pihak dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui gadget. 

Selain efisiensi waktu dan biaya yang diperlukan untuk hadir membubuhkan tanda tangan basah, mekanisme ini juga secara signifikan mengurangi tatap muka langsung antara petugas TPS dan Pengguna Jasa. 

Erika bilang, hal itu juga sejalan dengan upaya terus-menerus TPS untuk meminimalkan potensi terjadinya pungli sebagai salah satu bentuk implementasi komitmen penerapan Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP). 

“CDR online ini dapat memangkas waktu tunggu truk yang memerlukan CDR yang sebelumnya 101,05 menit menjadi 61 menit," ucapnya 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut