get app
inews
Aa Read Next : Untag Surabaya Jadi Tuan Rumah PHENMA 2023, Profesor Taiwan Sanjung Keramahan Arek-Arek Surabaya

Ini Masalah Konflik Rusia vs Ukraina, Nomor 7 Selalu Menegangkan

Minggu, 27 Februari 2022 | 06:30 WIB
header img
Perang Rusia vs Ukraina memiliki sebab yang telah mengganjal bagi kedua negara

Ukrain menjadi sorotan dunia internasional, konflik dengan Rusia menjadikan negara tersebut paling dicari informasi perkembangannya. Kedua Negara memiliki sejarah panjang dalam menjalin hubungan.

Sesuai sejarah, Ukraina memisahkan diri dari Rusia dan menyatakan kemerdekaan pada 24 Agustus 1991. Umur Negara tersebut saat memisahkan dengan Rusia terbilang muda.

Sejak itu, Ukraina menyatakan diri sebagai negara netral meski masih membina hubungan secara terbatas dengan Rusia serta negara-negara pecahan Uni Soviet lainnya.

Namun keputusan Ukrain membuat murka Rusia, apa keputusan tersebut? Ukraina memutuskan menjalin kerja sama dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), aliansi keamanan yang umumnya beranggotakan dari negara-negara Barat pada 1994 lalu.

Ukraina sebenarnya ingin bergabung dengan NATO. Namun mantan Presiden Viktor Yanukovych menegaskan negara itu cukup menjalin kerja sama saja, tak perlu menjadi anggota.

Rakyat Ukraina masih terpecah apakah negara harus berkiblat ke Barat atau Rusia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab, Rusia bisa mencaplok Krimea pada 2014, karena didukung milisi-milisi bersenjata, hingga memicu referendum.

Pada 2013, terjadi unjuk rasa besar-besaran di Kiev yang menentang keputusan pemerintahan Yanukovych untuk menghentikan Perjanjian Asosiasi Ukraina-Uni Eropa serta menjalin hubungan ekonomi yang lebih akrab dengan Rusia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut