get app
inews
Aa Read Next : Merasa Aset Desa Diserobot Salah Satu Hotel, 3 Mantan Kades dan Warga Desa Trawas Mengadu ke Camat

Cara Unik Dinas PU SDA Jatim, Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Saluran Irigasi Bersama Petani

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 15:36 WIB
header img
Dinas PU SDA Jatim menggelar Upacara HUT RI ke-79 di Saluran Irigasi Bersama Petani. Foto iNewsSurabaya/lukman

PASURUAN, iNewsSurabaya.id -  Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dilakukan secara unik oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Timur (Jatim) bersama petugas irigasi dan petani.

Pasalnya, kegiatan upacara bendera digelar di Daerah Irigasi Telebuk, Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan Sabtu (17/8/2024). Meski cuaca panas, upacara bendera berlangsung khidmat. 

Kegiatan dihadiri dua ratus orang peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai PNS, petugas irigasi, dan petani. Upacara juga disaksikan masyarakat. 

“Memang tak biasa upacara. Tapi, para petani sangat antusias,” kata Kepala Dinas PU SDA Provinsi Jatim Baju Trihaksoro melalui Kepala UPT PU SDA Wilayah Sungai Welang Pekalen Anton Dharma Pusaka Mas.

Baju mengatakan bahwa upacara sengaja dikonsep berbeda. Hal itu bukan sekadar memperingati HUT Kemerdekaan RI. Namun juga untuk menunjukkan kedaulatan pangan.

Menurut Baju, Jatim masih menjadi lumbung pangan saat ini. Posisi itu harus terus dijaga. Pastinya bukan hanya menjadi tugas petani. Namun juga peran seluruh petugas irigasi yang menjaga kelancaran pengairan lahan pertanian. “Tujuannya agar kedaulatan pangan bisa terjaga,” terangnya.

Baju menjelaskan, peran Dinas PU SDA Jatim untuk memperkuat kedaulatan pangan cukup banyak. Salah satunya mengikuti World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. Dinas PU SDA hadir mempresentasikan berbagai inisiatif dan proyek yang telah diimplementasikan untuk mengatasi tantangan pengelolaan air, penanggulangan banjir, pemeliharaan kualitas air, serta pengelolaan sungai berkelanjutan. “Sudah banyak sungai yang berhasil kami revitalisasi. Ini kami sampaikan di WWF,” kata Baju. 

Pada acara ini, Dinas PU SDA Jatim juga membagikan hadiah untuk pemenang lomba konten pendek bertema: Kali Bebas Sampah, Air Irigasi Lancar, Ketahanan Pangan Terjaga. Adapun pemenangnya yakni juara pertama Mochamad Wahyu Nur Setiawan dari Kabupaten Blitar, juara kedua Faris Adsanjaya dari Kabupaten Ngawi,  dan juara ketiga Amar Rosul Jagad Dzikrulloh dari Kabupaten Situbondo. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut