SURABAYA, iNews.id - Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada tanggal 4 September, selalu menjadi momen khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta.
Mengusung tema “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”, BPJS Ketenagakerjaan serentak menghadirkan kemeriahan di seluruh kantor cabang melalui berbagai kegiatan.
Tak hanya itu, Harpelnas tahun ini juga dimanfaatkan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas untuk mengunjungi dan mendengar kisah-kisah inspiratif dari peserta yang telah merasakan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Hal tersebut dilakukan untuk menegaskan komitmen bahwa layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kian mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga.
Dalam agendanya di Surabaya, Direktur Human Capital BPJS Ketenagakerjaan, Abdur Rahman Irsyadi, menyapa dan berdialog langsung dengan peserta yang hadir di Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa.
“Saya atas nama pribadi dan BPJS Ketenagakerjaan mengucapkan selamat hari pelanggan nasional bagi peserta. Sebuah kebanggaan bagi kami telah diberi kepercayaan untuk melindungi pekerja di seluruh penjuru Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik agar pekerja dan keluarga bisa benar-benar merasakan manfaat dari program pemerintah ini,” ungkap Abdur.
Pihaknya menyebut bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekonomi para pekerja dan keluarga saat mengalami resiko akibat berhenti bekerja, mengalami kecelakaan hingga kematian.
Oleh karena itu Abdur mengajak para peserta untuk memastikan diri dan orang-orang di sekitarnya terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.
Sebagai bentuk simpati dan empati kepada peserta, Abdur juga menemui Bangun Dwi Raga yang beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan kerja hingga harus merelakan salah satu tanggannya.
Beruntung dirinya telah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, sehingga seluruh biaya perawatan ditanggung hingga sembuh.
Tak hanya itu, selama 4 bulan penyembuhan Bangun memperoleh santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), sehingga tetap mendapatkan upah setiap bulan.
Berkat komitmen dari perusahaan tempatnya bekerja dalam mendukung program Return To Work (RTW), kini dirinya telah kembali bekerja.
Untuk menunjang pekerjaannya saat ini, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan prothese berupa tangan palsu.
Abdur menyatakan bahwa kisah yang dialami Bangun merupakan gambaran nyata bahwa risiko dapat terjadi kapan dan di mana saja. Manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan menjadi bukti negara hadir untuk melindungi seluruh pekerja Indonesia.
Masih dalam rangkaian Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan juga mengajak peserta untuk memanfaatkan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dengan membuka booth layanan di setiap kantor cabang.
Aplikasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 20 juta pengguna tersebut merupakan solusi layanan digital yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2021 untuk memudahkan para peserta mengakses beragam informasi dan layanan.
“Dengan mendownload aplikasi JMO, peserta bisa mendapatkan informasi dan layanan hanya dalam satu genggaman. Fitur yang ada dalam aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari pendaftaran, pembayaran iuran hingga klaim JHT untuk peserta yang memiliki saldo di bawah 10 juta. Proses pengajuan klaim melalui JMO juga lebih mudah dan cepat, hanya membutuhkan waktu 15 menit. Hal ini mampu terwujud karena seluruh prosesnya dilakukan secara otomasi,” papar Abdur.
Teknologi biometrik yang disematkan dalam aplikasi JMO membuat proses verifikasi data peserta lebih akurat dan aman.
Untuk menjawab kebutuhan peserta, aplikasi JMO juga menghadirkan beragam fitur menarik. Selain menu informasi dan klaim yang menjadi fitur utama, JMO juga dilengkapi value added services, diantaranya fitur perumahan pekerja, dana siaga, streaming, e-wallet, belanja, promo dan investasi.
Seraya menutup rangkaian kegiatannya tersebut Abdur mengajak seluruh peserta untuk peduli terhadap pentingnya jaminan sosial bagi diri sendiri dan orang-orang terdekat agar seluruhnya bisa Kerja Keras Bebas Cemas.
Pihaknya juga berkomitmen bahwa BPJS Ketenagakerjaan selalu siap untuk memberikan pelayanan prima dan setulus hati bagi seluruh peserta.
“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2024. Kami berharap seiring dengan kemudahan layanan yang telah diberikan, maka kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Sehingga hal tersebut mampu juga mendorong kesadaran pekerja untuk melindungi diri dan orang-orang terdekatnya dengan mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutup Abdur.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat juga menyampaikan, pengembangan aplikasi JMO merupakan salah satu bukti bahwa BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memudahkan peserta menikmati program dan fitur yang dapat digunakan oleh peserta.
“Dalam momen Hari Pelanggan Nasional ini khususnya Cabang Surabaya Karimunjawa berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta dan Kepala Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat juga menyampaikan bahwa Hari Pelanggan Nasional mempunyai makna tersendiri bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk terus memberikan pelayanan prima kepada peserta.
“Kita menyapa sekitar 50 peserta yang hadir langsung disini untuk pengambilan hak-hak yang diberikan kepada peserta. Ini merupakan salah satu cara berinteraksi dan membangun silaturahmi serta memberikan pengalaman menyenangkan kepada peserta BPJAMSOSTEK sesuai dengan tema Harpelnas tahun ini adalah “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”, jelas Sonny panggilan akrab Adventus Edison Souhuwat.
Sonny juga menghimbau kepada peserta untuk melakukan klaim melalui kanal resmi BPJS Ketenagakerjaan.
"Saya menegaskan bahwa proses klaim tidak dipungut biaya sepeserpun, jika ada yang demikian bisa dilaporkan langsung, kita juga menerima kritik dan saran untuk meningkatkan kinerja pelayanan kami kepada peserta," pungkas Sonny.
Editor : Ali Masduki